Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Gula Aren dan Proses Pembuatannya

Gula aren banyak dibutuhkan masyarakat, biasanya gula aren dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman. Gula aren sangat bagus dikonsumsi baik anak-anak, dan dewasa karena gula aren memiliki manfaat bagi tubuh dan khasiatnya.  

Proses penyulingan pohon aren untuk dijadikan gula sebagian menyebut dengan istilah "Nyebak". Butuh waktu yang lumayan lama, mulai dari pemilihan pohon aren sampai pada proses pengambilan air dan pengolahan.

Harga gula aren memang beragam dipasaran. Gula aren mudah didapatkan dipasaran atau langsung ke pembuat. Gula aren menyehatkan bagi tubuh, menambah energi dan lainnya. 
Gula aren sangat bermanfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi gula aren bisa dengan nasi, atau dibuat campuran jamu, bahkan minuman kopi dicampur gula aren. Gula aren memang akan manfaatnya. Diantaranya:
  • Mengatasi masalah Anemia. 
  • Meningkatkan imunitas tubuh, dan menangkal penyakit kanker serta melancarkan peredaran darah.
  • Gula aren dapat meningkatkan Kesehatan Jantung. Ini sangat cocok bagi penderita. gejala penyakit jantung.
  • Mengatasi penyakit asma
  • Menambah energi. 
  • Mengobati sariawan. 
  • Baik untuk pencernaan. 
Proses Pembuatan Gula Aren

Gula aren yang bagus tidak dicampur dengan bahan lain saat proses pembuatan. Sebelum pohon aren akan dilakukan penyulingan (Sebak) akan melewati beberapa tahapan mulai dari proses pemilihan pohon yang sudah mengeluarkan buah muda dan waktu pengerjaannya. 

Sebab tidak semua pohon aren bisa langsung disuling (sebak) tetapi harus tepat pada waktu hitungannya dan ukuran buah agar mengahasilkan air gula yang banyak.

Setelah pohon aren sudah masuk pada usia penyulingan, maka dilakukan tahapannya. Berikut proses penyebakan/penyulingan gula aren:

Pertama: Pohon aren yang sudah bisa disuling, dipukul-pukul dibagian pangkal buah aren, lalu beberapa hari kedepan di sebak (dipotong) dan kemudian diikat. 

Kedua: Kemudian di berikan tempat seperi ember atau bambu untuk menampung air gula. 

Ketiga: Proses penampungan air gula aren mentah dilakukan sore hari, dan esokan harinya ember/bambu tempat menampung air gula tersebut diganti yang baru.

Keempat: Air gula aren hasil penyulingan tersebut langsung dimasak diatas wadah kuali ukuran besar, dipanaskan sampai mengental dan hingga bisa dicetak.

Kelima: Proses ini terus dilakukan sampai pangkal pohon aren tersebut tidak mengeluarkan air gula. 

Itulah proses singkat pembuatan gula aren. Namun setiap daerah punya cara tersendiri untuk memproduksi gula aren, tergantung kebiasaan masyarakat. Gula aren memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Rasanya sangat manis, semanis kamu.. hehehe