Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Menjalankan Bisnis Event Organizer Pemula

Tips menjalankan bisnis Even Organizer (EO) perlu dipelajari. Selain menambah pengetahuan dan persiapan sebelum menjalankannya. Bagi pemula, menjalankan usaha event organizer perlu dirintis dengan baik. Seluk beluk event organizer harus diketahui dengan baik dan jelas. 

Tujuan supaya saat menjalankannya memiliki strategi yang baik. Jangan lupa memperbanyak evaluasi di setiap langkah menjalankannya. Menjalkam bisnis event organizer bagi pemula diawali memiliki pengalaman terlebih dahulu. Supaya usah event organizer dapat berjalan lancar. Kemudian perlahan membuat surat izin usaha resmi sebagai legalitas. 

Bagi pemula bisnis Event Organizer dapat dijadikan usaha jangka panjang. Namun tergantung pada kreatifitas dalam menjalankan amanat bersama konsumen. Kemudian memasrahkan dan mengatur manajemen usaha even organizer dengan baik agar tertara.

Untuk menghasilkan keuntungan adalah bagaimana kepuasan konsumen saat memakai jasa event organizer dan tertarik untuk bekerja sama disetiap acara. Menjalankan usaha event organizer bagi pemula perlu tim yang solid. Supaya usaha dapat berjalan lancar. 

Selain mempersiapkan kelengkapan surat izin  usaha bagi pemula, maka berikut ini tips menjalankan usaha event organizer agar lancar dan sukses sebagai masukan dan tambahan refrensi. 

9 Tips Bisnis Event Organizer Bagi Pemula

Sebelum menjalankan usaha Event Organizer, perlu mempersiapkan segala macam kebutuhan yang di perlukan. Berikut langkah menjalankan usaha Event Organizer bagi pemula:

Siapkan Legalitas Resmi

Menjalankan Usaha Event Organizer maka perlu  legalitas usaha resmi. Tujuannya memberikan keyakinan kepada konsumen agar usaha tidak diragukan. 

Hal itu, akan berdampak terhadap kepercayaan pelanggan yang ingin memakai jasa bisnis Event organizer tersebut. Maka buatlah surat izin terlebih dahulu sebagai legalitas penting. 

Konsep 

Menjalankan usaha Event Organizer perlu konsep yang tidak monton agar lebih kreatif. Supaya setiap acara yang dijalankan lebih unik dan menarik. Jalannya acara akan lebih hidmat dan berkesan karena konsep yang selalu berbeda persembahan pada pelanggan tercinta. 

Dampaknya adalah Event Organizer yang dijalankan akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru bahkan  jalanan kerjasama akan terus berlanjut dari client lainnya. 

Tim Solid

Tim mempengaruhi dalam menjalankan suatu usaha termasuk Event Organizer. Tim di bentuk sesuai, tak terkecuali saat menjalankan usaha event organizer. 

Tim akan berperan penting dalam suatu bisnis agar lancar dan terkendali dengan baik. Kinerja masing-masing tim perlu dievaluasi supaya lebih giat lagi dan menghasilkan ide yang unik. 

Sehingga penerapan saat kegiatan acara berlangsung, event organizer mampu memberikan konsep yang begitu luar biasa. Maka tim yang memberikan pengaruh terhadap kemajuan usaha, salah satunya bisnis event organizer. 

Kerjasama Vendor

Bisnis event organizer perlu memiliki vendor, maka jalin kerjasama dengan vendor akan menjadikan usaha saling berjalan. Sesama vendor harus memberikan masukan dan saling mengisi perlengkapan yang tidak tersedia. Setidaknya, dari vendor memberikan masukan dan bantuan peralatan dengan cara bekerja sama. 

Saling bersatu dan bergotong royong saat usaha rekan mendapatakan proyek yang besar atau kecil. Maka Menjalin kerjasama dengan vendor penting dilakukan saat akan menjalankan bisnis Event organizer, agar usaha tersebut sama-sama berjalan lancar.

Marketing atau pemasaran

Marketing dalam Event Organizer akan penting dimiliki. Namun tak perlu banyak-banyak, cukup ide menawarkan kerjasama atau meemasarkan konsep event yang penting dilakukan. Maka itulah fungsi tim agar menjaring inspirasi guna kebaikan usaha yang dijalankan.

Marketing bertujuan untuk mendapatkan dan menawarkan jasa kepada konsumen. Marketing mesti diberikan pembekalan agar dapat menawarkan jasa event organizer, memberikan kepercayaan, dan menawarkan kerjasama kepada konsumen dengan baik. 

Evaluasi Acara

Tips menjalankan bisnis Event Organizer agar sukses selanjutnya ialah selalu evaluasi. Kegiatan tersebut dapat menemukan halal yang mesti dirubah pada saat acara telah selesai. Sehingga dapat menjadi pelajaran dan persiapan untuk menjalankan kegiatan selanjutnya. 

Evaluasi akan memberikan perubahan kepada usaha event organizer, bahkan tim akan semakin solid dan bekerja dengan kreatifitas yang lebih baik. Dampaknya akan menghasilkan usaha yang begitu luar biasa dan terkonsep dengan baik. 

Promosi Usaha

Mengenalkan usah event organizer kepada masyarakat luas sebagai bentuk promosi bisnis. Belakangan ini, kemajuan teknologi mulak terus berkembang seiring waktu. Produk promosi usaha dapat dilakukan dngan mudah. Baik langsung maupun dengan media sosial. 

Tips promosi untuk mengenalkan usaha event organizer yang baik ialah memberikan informasi yang jelas kepada konsumen. Jangan berikan informasi yang ambigu, membuat konsumen bingung. Nah, Promosi tersebut dapat di lakukan melalui media massa, media sosial, dan lainnya.

8. Diskon 

Diskon kepada konsumen sangat penting. Supaya usaha event organizer diburu konsumen. Cara mudah mendapatkan pelanggan agar memakai jasa event organizer salah satunya karena memberikan diskon dan paket yang sesuai dengan anggarannya. 

Sepele tapi dampaknya besar. Lebih bagus jika diskon tersebut diperjelas dan dipasarkan langsung di media sosial. Bahkan setiap menawarkan jasa event organizer dan menerima calon konsumen langsung diberikan informasi diskon sebagai bentuk apresiasi yang telah mempercayai event organizer tersebut.

Pelayanan 

Pelayanan yang baik penting dilakukan. Bukan hanya melayani dengan sopan dan santun kepada konsumen yang sudah memakai jasa event organizer saja. Akan tetapi, saat awal memaasarkan dan mengenalkan usaha event organizer maka keramahan dan pelayanan yang baik akan berpengaruh. 

Kemudian saat memulai kegaiatan. Sebagai pemilik EO perlu memperhatikan totalitas pelayanan yang baik saat sosialisai dengan para tamu undangan. 

Sehingga usaha Event Organizer yang di jalankan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari mitra bisnis. Dampaknya akan berpengaruh terhadap pemakaian jasa EO untuk kedepannya.