3 Tips Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Mengecilkan ukuran foto tidak harus menggunakan perangkat PC komputer atau aplikasi android. Mengecilkan ukuran foto  secara online dapat dilakukan dengan mudah yang langsung dari android milikmu.

Untuk lebih mudah mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas gambar sekalipun dapat menggunakannya melalui situs secara online. Cara ini lebih praktis dan mudah dilakukan.

Berikut langkah-langkah mengecilkan ukuran foto secara online;

1. Kraken.oi

penyedia layanan untuk memperkecil ukuran file gambar dengan mempertahankan kualitas terbaik dari gambar. Kraken bisa memperkecil ukuran file gambar dengan format gambar JPEG, PNG, GIF dan bahkan SVG. 

Selain itu, Kraken menyediakan dua pilihan untuk memperkecil ukuran file gambar, yaitu lossless dan lossy. Tujuannya memberikan kemudahan untuk memilih  kualitas dan tingkat kompressi. 

Langkah utama buka link kraken.oi lalu upload foto yang akan diubah ukurannya. Caranya melalui Uploader dan melalui URL.
Anda pilih menggunakan Uploader. Pilih mode lossless atau lossy untuk memperkecil ukuran gambar. Silahkan klik help me chooce untuk mengetahui perbedaanya. 

Langkah terakhir ialah memilih gambar yang ingin di kecilkan, pilih Select files from disk atau tinggal menggeserkan gambar dari komputer pada web Kraken.

2. JPEG optimizer.com

Situs JPEG optimizer adalah situs yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto. Langkah menggunakannya ialah;
  • Buka situs JPEG optimizer 
  • Munucl 2 pilihan pada menu;
  • Choose File: untuk memasukan file foto yang akan dikecilkan ukurannya.
  • Compress Image: untuk mengkompress ukuran foto. Caranya isi kolom angka (65) tersebut dengan ukuran foto yang kamnu inginkan. 
  • Misalnya memiliki foto dengan ukuran 500kb, saya ingin perkecil menjadi 100kb maka saya masukan angka 100 pada kolom.
  • Resize Photo: Menu ini digunakan untuk memperkecil panjang dan lebar foto. Biasanya foto yang dihasilkan ukuran panjang x lebar dengan resolusi yang tinggi hingga mencapai 3000MP bahkan lebih.
  • Untuk memperkecilnya masukan ukurannya pada kolom angka yang telah tersedia. 
  • Hilangkan ceklis untuk memperkecil panjang dan lebarnya.
  • Untuk memperkecil foto klik pada tombol “choose file”. pilih foto yang akan di kompress ukurannya. Kemudian tinggal masukan ukuran foto yang kamu inginkan pada menu ” Compress image”.
  • Untuk resolusi panjang dan lebarannya di "ressize photo" tinggal di centang.
  • Pada bagian “Optimize Photo” Tunggu proses kompres foto selesai. Setelah proses kompres selesai silahkan kamu simpan foto tersebut.
3. Situs TinyPNG.com

Untuk mengubah ukuran foto tanpa menghilangkan kualitas gambar ialah dengan aplikasi TinyPNG.com sebagai pilihannya.
  1. Buka halaman situs TinyPNG.com 
  2. Pada halaman pada gambar
  3. Silahkan kamu klik pada tombol “drop your .png or .jpg files here!“.
  4. Masukan foto yang ingin dikecilkan ukurannya, sesuai keterangan.
  5. Secada otomatis proses kompres dilakukan. 
  6. Proses kompres foto selesai tinggal di download. 
  7. Foto langsung tersimpan di galeri. 

Itulah cara menggunakan situs TinyPNG.com yang dapat mengubah ukuran foto secara online. Sebenarnya masing banyak situs yang menyediakan untuk mengubah ukuran foto secara online dengan beberapa cara memperkecil ukuran foto secara online dengan kualitas tetap bagus.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel