Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anyaman Rotan Indonesia Yang Bernilai !

Rotan adalah tumbuhan liar yang hidup di Indonesia. Rotan salah satu bahan anyaman untuk membuat segala perlengkapan rumah tangga. Tradisi menganyam berasal dari masyarkat Melayu yang kini masih bertahan. 

Rotan tumbuh di Indonesia berabad-abad tahun lamanya. Di zaman penjajahan produk dari rotan memiliki nilai jual yang ekonomis. Anyaman rotan menghasilkan produk yang kuat dan kokoh.

Kelebihan Anyaman Produk Rotan Indonesia

Hasil tangan kreatif para pengrajin rotan di Indonesia sangat beragam. Mulai dari meja, kursi, dan lainnya. Kursi dan meja dari bahan rotan begitu kuat dan kokoh. Desain anyaman berpariasi yang memiliki nilai estetika.
Kelebihan kursi rotan ialah usia pemakaian yang mampu bertahan lama. Rotan yang sudah dipilah dipisahkan sesuai jenis untuk dianyam. Sehingga menghasilkan produk anyaman rotan yang kokoh.

Kreatifitas lain ialah meja dan kursi yang sudah jadi, diberi warna supaya lebih modern dan indah. Dalam pembuatan kursi maupun meja dari bahan rotan, tetap dilakukan dengan sistem menganyam.

Selain kursi dan meja, produk rotan lain diantaranya keranjang besar maupun kecil, payung tutup saji, bakul, tampan, dan masih banyak lainnya. 

Untuk anyaman seperti tikar Purun juga seni kerajinan yang lama, kuat dan tahan. Seni anyaman sangat terkenal di Ogan Komering Ilir tepatnya di Pedamaran yang telah menjadi warisan budaya tak benda, yang hingga kini masih terlestarikan.

Rotan untuk membuat kursi dan meja dipilih sesuai usia rotan. Untuk rotan yang lebih muda dan sisa potongannya dibuat untuk peralatan yang berukuran kecil.