Apa itu Blog?, Manfaat, Tujuan dan Sejarah Blog

Blog singkatan dari web log adalah sebuah aplikasi memuat postingan tulisan yang muncul dihalaman Blog. Sebagai situs web yang sudah terisi konten tulisan tersebut akan dapat diakses oleh semua pengguna Internet.

Blog juga dapat menjadi saran online yang banyak fungsinya. Bisa digunakan sebagai postingan foto atau video seperti media sosial lain tergantung si pemilik situs. Ibarat kata blog merupakan sebuah buku yang mampu menampung catatan-catatan harian atau coretan diary. Bedanya jika menuangkan tulisan pada Blog akan tersimpan lebih aman dan bisa dibagikan kepada para pembacanya.

Manfaat Blog

Blog berfungsi sebagai wadah untuk menulis berbagai macam info, misalnya gagasan, ide, dan berbagi pengalaman. Selain itu, Blog juga berfungsi sebagai sarana bisnis, personal branding, dan sebagainya. misalnya anda punya usaha maka bisa anda pasarkan melalui blog atau website.

Blog mampu menampung konten tulisan dan gambar dalam jumlah banyak. Sangat tepat jika memanfaatkan blog sebagai saran bisnis untuk promosi, mencari konsumen, dan meyakinkan konsumen dengan jelas karena dalam suatu blog akan tercantum info lokasi perusahaan/bisnis yang anda kelola.

Sejarah Blog dan Perkembangannya

Blog pertamakalinya di populerkan oleh Blogger.com (laman utama tempat login), yang dimiliki oleh Pyra Labs. Namun pada akhir tahun 2002 , Blog diakuisi oleh Google sehingga muncul berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para penulis yang bersifat terbuka.

Blog bisa dimiliki masing-masing orang, bisa dikelola secara kelompok. Namun untuk sebagian Blog dipelihara oleh penulis tunggal atau bisa juga dipelihara secara kelompok. Biasanya jika dikelola lebih dari satu orang bertujuan untuk mengembangkan blog untuk kepentingan bisnis.

Apa Itu Komunitas Blogger ?

Komunitas Blogger adalah sebuah organisasi atau kumpulan orang-orang yang satu hobi dan satu visi misi. Komunitas blogger dibentuk oleh para blogger yang sudah memantapkan diri didunia Bloggung atas dasar satu daerah (tempat asal), hobi yang sama, dan dari perguruan tinggi yang sama.

Kegiatan komunitas blogger biasanya kopdar untuk sekedar silaturahmi dan membahas tentang ide-ide sajian konten, atau menulis secara berjamaah. Berbagai kegiatan tergantung dari kesepakatan sebagai bentuk programnya.

Untuk menjadi keaggotaan atau bergabung di komunitas blogger harus mematuhi kebijakannya atau dengan syarat tertentu misalnya satu daerah dan sebagainya. Komunitas Blogger akan berperan terhadap pelestarian kearifkan lokal atau budaya didaerahnya dalam bentuk tulisan sebagai bentuk cinta tradisi dalam pelestariannya.

19 Jenis-Jenis Blog dan Penjelasannya


Blog memiliki berbagai macam jenis sesuai kemampuan dan kenginan pemilik bloh. Dilansir dari laman wikipedia, bahwa terdapat 20 jenis yang wajib anda ketahui. Sebagai Berikut:

1. Blog Politik

Blog politik adalah situs blog yang membahas tentang konten politik, aktivis, kampanye politik, yang dikemas berupa gagasan konten tulisan.

2. Blog Pribadi

Blog pribadi sebagai buku harian berisi pengalaman, puisi, coretan, dan hasil diskusi perbincangan. Blog pribadi juga bisa dikembangkan dengan sudut pandang pribadi maupun pihak lain.

3. Blog Bertopik

Blog yang mirip dengan Blog pribadi yang dikemas khusus membahas 1 tema tertentu dan tidak dicampur adukan seperti Blog Pribadi. Misalnya Blog Praktisi, dan lainnya.

4. Blog Kesehatan

Blog kesehatan biasanya lebih tepat dimiliki oleh tenaga medis atau orang-orang yang bergelut di bidang kesehatan. Misalnya dokter, perawat, bidan, dan lainnya. Blog kesehatan berisi tentang cara pengobatan dan tanya jawab pada keluhan pasien, dan informasi seputar kesehatan.

5. Blog Sastra

Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). Blog berisi tetang karya tulis, dan hal-hal di bidang kesatriaan.

6. Blog Perjalanan

Blog ini berfokus pada konten perjalanan. Biasanya para traveller yang suka menjelajah daerah wisata. Sehingga akan menjadi kenangan dan dapat menjadi rujukan para wisatawan.

7. Blog Mode

Blog yang dikenalkan dengan fashion lifestyle. Biasanya konten blog berisi trend fashion seputar gaya pakaian, perkembangan mode, selera fashion pakaian hijab, baju, gaya busana kekinian.

8. Blog Riset

Blog riset lebih kepada hal-hal akademisi misalnya info-info mengenai berita riset terbaru, perbandingan riset, dan hasil penelitian.

9. Blog Hukum

Blog hukum dikenal dengan istilah Blog Laws yang membahas tentang urusan hukum dan persoalannya. Membahas Blog tentang hukum bisa di kreasikan dengan gagasan atau permasalahan yang berkaitan dengan aturan pasal sesuai hukum.

9. Blog Media

Blog media sama halnya dengan media online berupa portal website yang membahas tentang informasi meliputi hukum, kriminal, dan politik. Kemudian harus terdaftar di Dewan Pers supaya legalitas yang baik.

10. Blog Agama

Blog yang berisi tentang spritual keagamaan, permasalahan keyakinan, dan pedoman sesuai ajaran sesuai agama masing-masing.

11. Blog Pendidikan

Blog tentang ilmu pengetahuan, metode pembelajaran, kurikulum, dan mata pelajaran sekolah baik tingkat SD, hingga ke perguruan tinggi. 

12. Blog Kebersamaan

Bog Kebersamaan dikelola oleh suatu kelompok yang membahas tentang berbagai macam topik dan lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

13. Blog Petunjuk (directory)

Blog jenis ini terdiri dari ratusan link halaman website yang dapat diakses setiap orang dari berbagai wilayah.

14. Blog Bisnis

Blog untuk wirausaha atau kegiatan bisnis untuk media promosi dan pengenalan profil bisnis. Misalnya Blog tentang seputar bisnis, modal usaha, dan lainnya.

15. Blog Pengejawantahan

Blog dengan topik bahasan yang fokus tentang objek di luar manusia seperti cara merawat binatang peliharaan, metode perawatan bibit ternak, dan lainnya.

16. Blog Pengganggu (spam)

Dikenal dengan istilah Spam Blog yang diperuntukan untuk penggangu, misalnya
Digunakan untuk promosi bisnis affiliate.

17. Blog Virus

Blog yang dibuat khusus untuk digunakan sebagai media untuk merusak. Biasanya akan membuat pengunjung merasa tergangu karena telah mampir ke halaman blog virus.

18. Blog Gaya Hidup

Blog ini tentang lifestyle, yang berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya, termasuk pembahasan tentang green lifestyle yang mampu memberikan masukan dan info menarik.

19. Blog Parenting

Blog yang membahas tentang hal-hal kegiatan keseharian orang tua, pengalaman mengasuh anak-anak dari balita hingga dewasa. 

Biasanya Blog parenting banyak dipakai oleh blogger ibu-ibu (perempuan).
Jenis Blog di atas bisa saja membahas topik yang beragam sesuai keseharian mereka.

Dari beberapa jenis blog diatas memiliki karakter tulisan yang beragam, termasuk metode penulisannya sesuai keinginan misalnya bahasa tulisan formal, gaya bahasa milenial, diary, dan sebagainya.

Tujuan Blog yang Jarang di Ketahui

Blog sebagai saran untuk menuangkan ide tulisan, sedangkan Blogger adalah profesi artinya orang-orang yang sudah menjadikan Blog sebagai pekerjaan rutin dan Blog hanya digeluti orang-orang yang menyukai kegiatan menulis, tapi kalau masalah hobi menulis bisa saja dibangun sejak dini, sekarang, dan nanti.

Orang-orang yang sudah menekuni dunia Blogging memiliki tujuan yang beragam. Tak banyak yang mengetahui bahwa Blog juga bermanfaat untuk personal branding, memperluas jaringan, dan sebagainya. Blog ternyata bukan hanya sekedar menulis saja, banyak para blogger sudah hidup dari pekerjaan sebagai blogging.

Mereka mampu menghasilkan uang dari blog yang dikelola. Jadi sebagai sarana menulis yang efektif dan bisa berinteraksi dengan orang banyak, maka blog juga dapat menjadi sumber penghasilan. Penghasilan blog bisa diperoleh dari berbagai cara. Misalnya google adsense, iklan produk, review, sponsor, dan sebagainya.

Kenapa Blog Penting Dimiliki ?

Contoh saja, anda sebagai pelajar atau mahasiswa. Anda bisa memanfaatkan blog untuk berbagi informasi seputar kegiatan belajar dan tugas-tugas sekolah/kampus yang sudah dibuat bisa diposting dan dibaca oleh orang banyak. Menambah pengetahuan, dan pengalaman. 

Selain itu, misalnya anda berprofesi sebagai dokter, tenaga pengajar, karyawan perusahaan, wiraswasta, dan lainnya. Bisa juga memanfaatkan blog untuk menulis tentang profesi yang anda kerjakan saat ini. Seperti dokter, tim media, sangat cocok jika membuat blog yang membahas seputar pengalaman dari profesi yang di lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel