7 Wisata Unggulan Provinsi Lampung, Yang Wajib Anda Kunjungi !

Sigerblogger.com - Lampung memiliki destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi. Pariwisata Lampung memang banyak yang belum terekspose. Namun, Provinsi Lampung juga memiliki 7 wisata unggulan yang sudah terkenal dan wajib anda kunjungi. 

Pada acara Lampung Krakatau Festival yang berlangsung 2017 lalu, Sabtu (26/8), Gubernur Lampung, Muhammad Ridho,  menjelaskan mengenai 7 wisata unggulan Provinsi Lampung yang harus dikunjungi wisatawan, Berikut informasinya:

1. Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi di Lampung Selatan

Bagi sebagian traveler mungkin sudah biasa dengan wisata gunung krakatau. Tidak salahnya jika kita berbagi info terkait wisaya gunung krakatau, mungkin masih banyak wisatawan lain yang penasaran dan belum pernah menyaksikannya secara langsung. Kawasan wisata gunung krakatau ini adalah cagar alam dilindungi.

Keindahan alam kawasan wisata gunung krakatau jangan ditanya. Terdapat gunung anak krakatau yang masih aktif menjadikan daya tarik tersendiri. Ditambah hamparan daratan disekitaran berpasir penuh warna, yang dihasilkan dari aktifitas vulkanik.

Bagi wisatawan yang akan menyaksikan gunung krakatau supaya lebih aman dapat langsung dari pulau sebesi. Disini para wisatawan dapat bermain kano, mandi, dan berfoto dengan latar gunung anak krakatau yang nampak jelas dan indah.

Gunung anak krakatau berada di Lampung Selatan. Sekitar beberapa jam dari Kota Bandar Lampung. Untuk para pengunjung bisa mengukuti trip kepada penyedia jasa tour travel di lampung agar lebih irit dan aman serta dipandu langsung oleh tour guide, sekeligus memberikan pengetahuan terkait informasi kawasan wisata gunung krakatau.

Biasanya alternatif rute jalannya mulai dari Kota Bandar Lampung menuju Lampung Selatan tepat di pelabuhan bakauheni ke pelabuhan canti, kalianda. Disini sudah tersedia kapal yang menyediakan jasa kepada para penumpang menuju beberapa tempat lain. Bagi yang ingin menginap sudah tersedia penginapan di pulau sebesi. Tarif permalamnya sangat terjangkau.

2. Menara Siger di Lampung Selatan

Menara siger masuk dalam destinasi wisata unggulan Lampung. Ibaratkan dikota besar seperti Jakarta dengan icon tugu monas, begitu juga di Lampung dengan menara siger yang megah nan indah. Tempat ini merupakan daerah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Menara siger dibangun pada tahun 2005, kemudian diresmikan dimasa jabatan Gubernur Lampung Sjahroedin Z.P, tepat pada 30 April 2008 lalu. Masyarakat dan wisatawan yang menyeberang ke pulau jawa dari pelabuhan bakauheni menuju pelabuhan merak dan sebaliknya, akan menyaksikan Keindahan menara siger yang megah.

Menara siger memang tidak asing bagi masyarakat di Lampung. Sebuah menara yang dibangun berbentuk siger dengan warna kuning emas sebagai icon di tanah sai bumi ruwa jurai. Bangunan menara siger yang berdiri kokoh di perbukitan Bakauheni, Lampung Selatan selalu menjadi tempat favorit pengunjung.

3. Kota Bandar Lampung

Sebagai ibukota, Bandar Lampung menjadi tempat wisatawan untuk berlibur. Disini anda bisa menikmati berbagai macam kuliner lezat lainnya. Toko oleh-oleh khas Lampung bisa anda nikmati. Bukan hanya itu saja, Kota Bandar Lampung memiliki tempat wisata yang menarik mulai dari wisata alam, religi, pendidikan, dan lainnya.

Jika Lampunv jangan lupa berburu oleh-olehnya seperti kripik, sambal, kain Tapis, dan pernak-pernik lainnya.

Untuk kain tradisional khas lampung seperti tapis, dan batik dapat langsung menuju pusat perbelajaan di Bambu Kuning, sentra tapis di kemiling, dan lainnya. Sedangkan sambal khas Lampung dapat anda peroleh di supermarket atau di galeri toko oleh-oleh khas Lampung.

4. Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang berlokasi di Lampung Timur merupakan kawasan konservasi satwa yang dilindungi seperti gajah sumatera, harimau sumatera, badak sumatera, dan sebagainya. Wisata alam di TNWK menarik anda kunjungi.

TNWK memiliki Lahan yang luas dan hijau sebagai habitat para binatang lindung. Jangan lewatkan event festival way kambas, menghadirkan pameran kekayaan alam Lampung Timur dan atraksi hiburan kawanan gajah dan binatang langka lainnya.

Bagi wisatawan yang hendak menuju taman nasional way kambas (TNWK) di Lampung Timur hanya membutuhkan waktu sekitar 2.5-3 jam perjalanan dengan Bus dari Kota Bandar Lampung. Silahkan berangkat dari terminal induk Rajabasa tujuan Way Kambas. Nimati liburan seru anda di Sini

5. Teluk Kiluan di Tanggamus

Teluk kiluan juga masuk dalam wisata umggulan di Provinsi Lampung. Lokasi teluk kiluan berada di Kabupaten Tanggamus. Panorama wisata teluk kiluan Lampung begitu indah dan terkenal dengan kawanan lumba-lumba yang menghiasi lautan lepas, tentu membuat wisatawan betah berlama-lama.

Wisata Teluk kiluan memiliki pulau kelapa yang unik. Selain dapat melihat lumba-lumba yang begitu di idolakan, anda dapat bermain dipinggiran pantai, berfoto dengan latar yang beragam. Teluk kiluan memang indah dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar Lampung bahkan mancanegara.

6. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) juga sebagai habitat hewan yang dilindungi. Kawasan hutan lindung ini terdapat kawanan kera, rusa, dan lainnya.
Selain itu, menghadirkan perbukitan dan hutan yang tumbuh subur. Kesejukan udara di TNBBS begitu segar, sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang.

Namun perlu anda pahami bahwa setiap pengunjung tidak bisa langsung berwisata di TNBBS tanpa izin terlebih dahulu dengan petugas. Itu memang sudah aturannya, dimana Para pengunjung yang akan berwisata ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, harus menyambagi Kantor Balai Besar TNBBS yang berada di Jl. Ir. H. Juanda 19, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus.

Supaya perjalanan berwisata ke TNBBS aman dan terdata, sebaiknya izin dan lapor dahulu sehingga wisata anda menyenangkan dan berkesan. Jangan lupa, saat berada di kawasan TNBBS hindari membuang sampah sembarang. Sebagai kawasan wisata maka pengunjung harus menaati aturan yang ada.

7. Tanjung Setia dan Wisata Bahari di Pesisir Barat

Tanjung Setia dan wisata bahari krui adalah salah satu destinasi unggulan Provinsi Lampung. Tanjung Setia ialah sebuah pantai di Kabupaten Pesisir Barat sebagai tempat bermain surfing. Banyak yang menyebut pantai tanjung setiap mirip seperti pantai yang ada di Bali. Pengunjung yang datang bukan hanya lokal saja tapi dari kalangan turis mancanegara.

Tanjung Setia dijadikan lokasi kompetisi Surfing International yang dilakukan setiap tahun oleh pemerintah Provinsi Lampung. Para peserta pun berasal dari negara Australia, Kanda, Amerika, dan lainnya. Pantai Tanjung Setia memiliki ombak yang tinggi dan hamparan ombak yang panjang menuju pantai.

Pengunjung bisa bermain selancar, berjemur, dan bermain disekitaran pantai. Untuk menuju pantai Tanjung Setia dari arah Bandar Lampung dapat ditempuh sekitar 8 jam perjalanan. Dari terminal Raja Basa menuju ke Pesawaran, melewati Kabupaten Pringsewu, dan Tanggamus.

Perhatikan Video Keindahan 7 Wisata Unggulan Lampung, Berikut ini
Tak lama, anda akan bertemu perbatasan dari Tanggamus ke Pesisir Barat ditandai dengan tugu ikan tuhuk yang terpampang nyata di jalan raya. Tak banyak waktu lama anda akan tiba dengan cepat ke Tanjung Setia. Dikawasan pantai Tanjung Setia tersedia penginapan yang lengkap dengan berbagai tipe. Jadi, tidak perlu repot lagi mencari persinggahan

Kondisi Infrastruktur di 7  Wisata Unggulan Provinsi Lampung

Kondisi infrastruktur sejak di resmikan menjadi 7 destinasi wisata unggulan Privisni Lampung, maka Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya melakukan pembangunan dan pengembangan yang lebih baik.

Hal ini bertujuan diantaranya untuk menjadikan wilayah du area barat Provinsi Lampung menjadi kawasan wisata yang terpadu, dan untuk wilayah di sebelah timur dijadikan sebagai kawasan industri yang akan banyai menyerap tenaga kerja Lampung, agar terjalinnga kerjasama yang baik pada pemerintah pusat dan investor lainnya.

Kondisi infrastruktur saat ini sudah sangat bagus dan dapat dibikmati wisatawan yang akan ke Lampung baik dengan perjalanan udara dimana Bandara Raden Intan pun sudah megah dan kelas International, begitupun Bandara Taufiq Kiemas di Krui, Pesisir Barat yang terus dibenahi.

Begitupun Jalur darat di Pelabuhan Bakauheni yang sudah memadai. Selain itu, infrastruktur darat seperti jalan raya sudah terlihat bagus. Pembangunan infrastruktur seperti ini tentu akan berdampak terhadap kenyamanan, keamanan, dan dapat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wisatawan Lampung.

Dalam hal pembangunan memang tidak serta merta dapat meningkatkan kemajuan yang instan, namun secara bertahap pembangunan yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung khususnya dalam kemajuan Pariwisata jelas bermanfaat untuk kedepannya.

7 Wisata unggulan merupakan kawasan wisata yang ada disuatu daerah dengan eksistensi yang sudah dikenal wisatawan. Destinasi wisata unggulan memiliki keindahan alam yang menabjubkan dan dapat menarik wisatawan mancanegara. Adanya wisata unggulan berdampak terhadap kemajuan suatu daerah.

Liburan ke Lampung sangat disayangkan jika tidak menikmati destinasi wisata unggulannya. Berada di tanah sai bumi ruwa jurai begitu menyenangkan. Provinsi Lampung sangat tepat jika anda kunjungi bersama keluarga dan kerabat. Tersedia wisata bahari, wisata alam, wisata religi, wisata pendidikan, agrowisata dan ekowisata yang menarik.

Demikian informasi mengenai 7 destinasi wisata unggulan Provinsi Lampung yang dapat menambah wawasan anda. Teruslah promosikan wisata Lampung agar semakin dikenal luas diseluruh mancanegara. Jangan lupa bagikan informasi ini sebagai bentuk dukungan dan peran anda dalam mengenalkan Pariwisata dan Budaya Sai Bumi Ruwa Jurai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel