Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Lembah Pelangi Tanggamus Lampung

Air Terjun Lembah Pelangi Tanggamus Lampung yang ada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sebagai Kabupaten yang menyimpan potensi wisata alam, wisata bahari, wisata pendidikan, dan wisata religi lainnya. 

Wisata Tanggamus masih banyak yang belum terekspose secara menyeluruh salah satunya yang mulai terkenal ialah wisata alam Air Terjun Lembah Pelangi Ulu belu. Wisata ini mulai ramai dikungjungi wisatawan sejak tahun 2015.

Berkat kemajuan Tehnologi dan kinerja Pemerintah Kabupaten Tanggamus maka eksistensi Air Terjun Lembah Pelangi semakin terkenal. Saat ini sudah banyak potret pengunjung, hasil jepretan kamera yang beragam.

Mungkin banyak sobat wisata yang belum mengetahui nama Air Terjun Lembah Pelangi sebelumnya yakni Air Terjun Pondok Rejo. 

Setelah itu, namanya pun berubah menjadi Air Terjun Lembah Pelangi dikarenakan pada cuaca yang cerah langsung muncul pelangi yang cantik dan indah. Inilah salah satu kelebihan dan keunikan Air Terjun ini.
Bagi para wisata yang mengunjungi Wisata Air Terjun Lembah Pelangi di Tanggamus dapat dengan bebas mengeskpresikan diri seperi berenang, berfoto ria, dan sebagainya. Sangat rugi jika tidak berfoto, sebagai saran untuk hasil fotonya bisa langsung di unggah melalui media sosial pribadinya agar wisata Air Terjun Lembah Pelangi makin hits.

Lokasi Wisata Air Terjun Lembah Pelangi di Tanggamus

Air Terjun Lembah Pelangi berada tepat di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Untuk menuju lokasi dari Kota Bandar Lampung dapat anda tempuh dari jalan Lintas Barat sampai melewati Kabupaten Pesawaran dan Pringsewu. Setelah itu barulah anda tiba di Kabupaten Tanggamus.

Jika sudah berada di Tanggamus maka mulai dari daerah Talang Pandang. Akan ada simpang Talang Padang, lalu sebelum pasar Talang Padang anda tinggal ambil dibagian arah ke kanan. 

Agar lebih mudah maka perhatikan plang penunjuk jalan menunju Bendungan Batu Tegi di simpang tersebut. Selanjutnya anda ambil arah dibagian kanan jika dari Kota Bandar Lampung.

Ikuti jalan ke arah Bendungan Batu Tegi, nanti diperjalan akan ada simpangan lagi dan lihat petunjuk ada yang ke Batu Tegi dan satunya ke Ulu Belu, maka anda ambil jalan ke arah Ulu Belu. 

Untuk tiba di lokasi Wisata Air Terjun hanya sekitar 1 jam perjalanan lagi. Bagaimana sudah bingung dan capek? Santaikan saja karena perjalanan menuju Air Terjun seperti biasa melewati perjalananan yang penuh tantangan.

Tapi percayalah perjalan lelah ke arah Air Terjun Lembah Pelangi akan terbayarkan saat anda sudah mendengar percikan Air Terjun yang bergemuruh dan sejuknya udara sekitaran ditambah rindangnya pepohanan akan membuat anda betah dan nyaman berada di Air Terjun Lembah Pelangi.

Sebelum anda tiba di Air Terjun Lembah Pelangi para sobat akan bertemu Danau Hijau di Ulu Belu dan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Area Ulubelu, kemudian berjumpa kebun Kopi milik warga Tanggamus. Dari kebun kopi ini hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di Wisata Air Terjun Lembah Pelangi.

Banyaknya wisatawan yang sering mengunjungi Air Terjun Lembah Pelangi maka warga sekitar sudah biasa dijadikan petunjuk informasi, jadi tak salahnya anda bertanya dengan leluasa. 

Sesampainya di Wisata Air Terjun Lembah Pelangi silahkan istirahat dan kendorkan dulu otot anda dengan bersantai terlebih dahulu. Bisa sambil minum kopi yang ada bawak atau jajanan lainnya.

Tapi untuk sobat wisata yang membawa jajajan perlu memperhatikan kebersihan disekitaran Wisata Air Terjun Lembah Pelangi supaya tetap bersih dan nyaman. Foto: @kurniashandy_