Gambus Musik Tradisional Masyarakat Lampung

Gambus adalah alat musik melayu yang sudah terkenal. Gambus dimainkan dengan cara di petik. Gambus alat musik mirip dengan gitar yang memiliki tehnik tersendiri saat dimainkan. Beberapa daerah di Indonesia memiliki alat musik gambus. Termasuk di Lampung yang diiringi dengan lagu daerah Lampung. 

Memainkan alat musik gambus memang tergolong susah. Namun bagi anda yang sudah menguasai tehnik bermain gitar sangat mudah dalam memahami dan mempelajarinya. 

Gambus ialah tergolong seni musik yang unik. Mengapa tidak, dari segi memainkan dan suara musik yang terdengar mampu menarik perhatian masyarakat. Gambus memang indah didengar jika sambil dinyanyikan dengan lagu melayu bahkan lagu daerah lainnya.

Gambus Seni Musik Tradisonal Melayu di Lampung

Gambus memang tak banyak yang dapat memainkannya. Namun keahlian dalam memainkan alat musik gambus cukup diperhitungkan dimasyarakat. Banyak orang membutuhkan para pemain musik gambus terutama untuk mengiringi acara-acara adat termasuk pada upacara pernikahan di lampung.

Biasanya alat musik gambus ini hanya dipelajari oleh para penggiat budaya dan pecinta seni. Termasuk para generasi muda yang mengambil jurusan kesenian. Sehingga mereka juga mempelajari alat musik gambus dengan maksimal. Namun ini sangat disayangkan, seharusnya selaku masyarakat yang tinggal di lampung harus mempelajarinya secara menyeluruh.

Ini bertujuan guna mempertahankan budaya lampung agar tetap eksis di setiap zaman. Gambus memang unik namun jika masyarakat tidak melestarikannya secara luas maka kemungkin akan mudah tersingkirkan. Apalagi perkembangan musik sekarang ini semakin luas dengan lahirnya pola permainan alat musik yang mulai beragam.

Untuk melestarikannya memang harus dengan konsep yang tepat. Dimulai dari sosialisasi pemahaman mengenai segala budaya yang ada di lampung. Lihat saja setiap lomba gambus lampung peserta sangat minim. Berbeda dari peserta lomba musik modern dimana masyarakat cendrung lebih banyak mengikutinya.
(Sumber foto: @saibuay).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel