Cara Belajar Bahasa Lampung Sehari-hari

Sigerblogger.com - Belajar Bahasa Lampung itu mudah. Caranya belajar dari satu dialek dulu misalnya dialek O. Ketika sudah bisa maka lanjut ke dialek A lagi. 

Belajar Bahasa Lampung bisa langsung menghafal Aksara atau kata benda dan lainnya. Tapi untuk lebih mudah coba mulai menulis Aksara Lampung dan Anak hurufnya. Kemudian praktik langsung menulis kalimat Bahasa Lampung.

Belajar Bahasa Lampung

1. Menghafalkan Aksara Lampung dan Anak huruf. Belajar menulis aksara dan memahami fungsi anakn huruf. Termasuk kelabai surat yang tidak boleh diberi tanda "mati atau ningen". 

2.  Membaca/Meng-eja kata dan kalimat. Supaya banyak mengetahui arti katanya. Dan lebih mudah ketika mengucapkannya.

3. Mengenal Kata Benda. Sama halnya belajar bahasa pada umumnya. Mengenal kata benda, kata ganti orang, kata sifat, akan membantu saat berkomunikasi dengan Bahasa Lampung nantinya.

4. Lebih mudah belajar Bahasa Lampung lain bisa dengan lagu Lampung. Ketika lagu sudah hafal, bisa mencari artinya. Sehingga kosa kata semakin banyak diketahui.

Contoh Kalimat Bahasa Lampung dialek A dan O

Dialek A:
-Api Kabakh, artinya apa kabar,?
-Api Guwai, artinya apa kerjaan, atau sedang apa?

Dialek O:
- Nyow Kabakh, artinya apa kabar?
- Nyow Ghasan, artinya apa kerjaan atau sedang apa?.
 
Berkomunikasi itu harus disesuaikan dengan tempat, kondisi, dan lawan bicara. Karena paling utama adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Daerah tetap dilestarikan, dan Bahasa Asing pun perlu di kuasai. Jadi, Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel