Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budiker Seni Budaya Khas Daerah

Budiker merupakan Budaya warisan sejak zaman dahulu. Tradisi ini memang sangat unik dan menarik. Budiker dilakukan oleh kalangan orang tua. Melantunkan ayat-ayat al qur'an dengan tabuhan alat musik Melayu yaitu rebana.

Diketahui Adat Budaya budiker ini dilakukan pada acara tertentu seperti pada saat memperingati maulid nabi dan upacara pernikahan. 

Biasanya beberapa hari sebelum menjelang akad nikah, untuk mengisi kegiatan malam harinya maka dilaksanakan Budiker.
Budaya Budiker biasanya dilakukan oleh kalangan bapak-bapak dan tamong/datuk (kakek). Mereka berkumpul ditempat hajatan untuk mengisi acara budiker.

Rebana Alat Musik Pengiring Budiker di Daerah Lampung

Adat Budiker ini dilakukan dengan menggunakan alat musik rebana sebagai musik pengiringnya. Untuk lantunan lagu yang dinyanyikan berupa ayat-ayat al-qur'an yang khusus untuk dinyanyikan. tabuhan rebana sangat khas serta lagu yang dinyanyikan ini dilantunkan dengan nada dan nada tinggi.

Bagi yang baru pertama kali mendengar atau menyaksikannya secara langsung, mungkin akan sedikit terganggu dan merasa pening dengan nada tinggi dan tabuhan rebana ditambah pukulan rebana yang kuat secara bersamaan.

Acara Budiker dilakukan di halaman rumah atau di atas panggung. Saat Budiker, akan dilaksanakan selalu menghadirkan orang-orang dewasa dan lanjut usia yang dapat mengiringinya.