Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pantai Batu Kebayan Cahaya Negeri Pesisir Barat, Tempat Nelayan Menangkap Ikan

Pantai Batu Kebayan berada di Pekon Cahaya Negeri/Desa Merangka menghadirkan panorama pantai yang indah dan batu karang. Pantai ini tergolong alami nan asri, udara yang sejuk dan segar. 

Pantai Batu Kebayan pekon cahaya negeri sebagai tempat para nelayan mencari ikan untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Selain itu, sebagai lokasi memancing dan mencari kerang.

Pantai di Pekon Cahaya Negeri memiliki batu karang yang besar dan runcing. Perlu berhati-hari karena licin dan ombak lautan yang besar. Batu karang di tempat ini terdapat Batu diberi nama masyarakat sekitar yaitu Batu Kebayan yang artinya Batu Pengantin. 

Dimana terdapat sebuah batu tepat dipinggiran pantai menyerupai pengantin wanita yang duduk dengan posisi buang air besar. Percaya atau tidak, konon memiliki cerita terkait sumpah si pahit lidah.

Menurut ceritanya batu pengantin ini adalah seorang pengantin wanita yang konon pada zaman sipahit lidah telah terkutuk menjadi batu. Berikut tanda beberapa batu di sekitarnya yang mirip dengan tinja dari pengantin tersebut yang sudah menjadi batu.
Namun, untuk kebenarannya sangat sulit diungkap sebab, masyarakat sekitar memang mempercayainya. Selain itu, Pantai di daerah ini cukup mistis karena jauh dari pemukiman warga. 

Sehingga bagi anda yang ingin melihat pantai ini dari pinggir jalan raya perlu berhati-hati. Batu yang menyerupai pengantin ini lengkap dengan mahkotanya yang sudah di tumbuhi tumbuhan dengan menancap tepat di kepalanya.

Sejak dahulu pantai ini dijadikan tempat para nelayan mencari ikan. Berbagai macam biota laut seperti ikan, udang, kepiting, rumput laut dan lainnya.