Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dari Mana Blogger Mendapatkan Uang?

Di era digital seperti sekarang ini banyak pekerjaan yang dapat mendatangkan uang untuk sekedar mengganti kuota dan menyalurkan hobi menulis. Menjadi blogger misalnya. 

Jika dulu menulis di blog hanya untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu luang, kini banyak yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai profesi.

Lantas, dari mana blogger mendapatkan uang? Ini rahasianya:

Iklan Sebagai Sumber Pendapatan Bagi Para Blogger

Sumber pendapatan terbesar dari blogger berasal dari iklan. Dalam penayangan iklan, ada dua sistem perhitungan yaitu PPC dan CPM. Simak penjelasannya berikut ini:

1. PPC merupakan singkatan Pay Per Click. Singkatnya, seorang blogger akan mendapatkan uang dari setiap jumlah penjelajah yang mengklik iklan di blog publisher. Dalam hal ini yang bertindak sebagai publisher adalah blogger.

Di antara ribuan perusahaan periklanan di seluruh dunia, Google Adsense yang paling disukai para blogger.

Perhitungan PPC bukan berdasarkan sembarang klik saja. Google punya software canggih untuk mengetahui klik tersebut valid atau tidak.

2. CPM merupakan singkatan Cost Per Million. Mekanisme berbeda dari PPC. Di sini publisher dibayar apabila memajang banner iklan CPM pada halaman blognya.

Hitungannya bukan berdasarkan klik penjelajah, melainkan jumlah penayangan. Namun, jika penjelajah meng-klik iklan tersebut, otomatis sistem berjalan. 

Ngeblog bukan hanya uang, sistem sangat detail untuk memantau situs-situs. Maka ngeblog jadikan saran hobi menulis. Bukan mengejar penghasilan instan. 

Pada dasarnya, keduanya sama-sama menguntungkan, hanya saja iklan CPM kerap menutupi konten blog sehingga membuat penjelajah terganggu.

Itulah jawaban dari mana blogger bisa mendapatkan uang tambahan. Jika Anda sudah memiliki blog, tak ada salahnya untuk lebih serius mengelolanya. 

Anda bisa membuktikan sendiri bahwa bekerja dari rumah pun bisa membuat anda memanfaatkan waktu untuk berbagi info pengalaman, sarana belajar dan lainnya.