Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mudah Mengelola Akun Blogger

Bingung bagaimana cara mengelola akun blogger?, Biasanya para blogger pemula kadang kebingungan saat rasa tidak mood untuk mengelola blog apalagi saat timbul rasa malas untuk tidak menulis.

Mengelola blog sama saja halnya dengan mengelola kegiatan anda sehari-hari. Artinya blog juga butuh perhatian dengan cara mengelolanya secara tepat.

Memiliki blog untuk menyalurkan sarana yang hobi menulis. Jadi tujuannya karena hobi. Kalau untuk mendapatkan uang yang besar, cukup bekerja atau berbisnis.
Alhasil banyak para Blogger pemula yang kecewa dan berhenti dengan cepat karena tidak mampu mengelola Blog dengan baik. Banyak cara yang dapat anda pelajari agar Blog di kelola dengan baik.

Namun pencapaian Blog hingga menghasilkan uang tentu butuh waktu dan tenaga. Personal branding, agar banyak tawaran endorse. 

Bagi pra Profesional Blogger, tentu hal tersebut sudah tidak heran. Mereka fokus dan selalu konsisten dengan mengelola Blog dengan rutin karena hobi.

Cara Mengelola Akun Blogger

Mengelola blog sama halnya dengan merawatnya. Ibarat tanaman yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Anda tak perlu bingung untuk merawat dan mengelola blog.

Sekarang menjadi blogger untuk sebagian orang tidak sekedar aktivitas mengisi waktu senggang, namun menjadikannya sebagai platform untuk menulis.

Berikut ini tips cara mengelola akun blogger yang bisa Anda terapkan:

1. Tampilan Blog Yang Menarik

Sebelum Anda mengelola blog, yang pertama dilakukan adalah membuat tampilan blog terlihat menarik. Namun jangan terlalu berlebihan dengan menyimpan semua widget. 

Hal ini malah bisa membuat konsentrasi pengunjung terganggu dan loading blog menjadi lebih lambat.

Buatlah tampilan blog yang sederhana namun menarik, responsif dan memberikan kesan yang mendalam. 

Sekarang sudah banyak penyedia template gratis dan premium yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan budget.

2. Menulis Artikel

Jika tampilan blog Anda sudah menarik, akan lebih menarik lagi jika diisi dengan artikel-artikel yang mencerahkan dan memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung.

Hindari plagiat artikel atau mengcopy paste artikel dari blog orang lain. Plagiarisme bisa terdeteksi oleh pihak Google, membuat blog jadi rusak dan tak berfungsi. 

3. Bersosialisasi

Sosialisasi tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, di dunia online sosialisasi dan interaksi menjadi hal penting. Ada banyak cara bersosialisasi di dunia blogger, contohnya melalui pesan di kolom komentar blog orang lain, menjawab komentar yang masuk atau berinteraksi melalui forum-forum yang sesuai dengan tema blog Anda.

4. Optimasi Mesin Pencarian

Agar blog berkembang dan didatangi banyak pengunjung jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan mesin pencari. Untuk mesin pencari google bisa kunjungi Webmaster Tool Google, sedangkan untuk pencari Bing bisa kunjungi Webmaster Tool Bing.

Jika anda sudah mengelola blog maka harus berhati-hati. Jangan sampai melakukan pelanggaran. Ingat, jika blog anda memuat konten copas. Maka konten blog akan susah berkembang dan lambat mendapatkan pembaca.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengelola Blog. Selain cara diatas anda dapat melakukan teknik blogwalking yaitu kegiatan sederhana dengan berkomentar saja pada blog milik orang dengan cara meninggalkan link aktif blog anda.

Tapi anda jangan asal komentar sehingga terlihat seperti Komentar Spam. Jadi berkomentarlah dengan gaya bahasa seperti pujian, dukungan, motivasi, dengan meninggalkan link aktif blog anda. 

Nah pintar-pintarlah mengatur bahasa dengan tulisan yang baik di kolom komentar, karena bersosmed harus bijak.