"Buak Tat" Kue Lebaran Khas Pesisir Barat dan Cara Membuatnya

Sigerblogger.com - Buak Tat merupakan makan khas Pesisir Barat, Lampung. Nama "Buak" diambil dari Bahasa Lampung Saibatin yang artinya Kue. Sedangkan "Tat" adalah nama dari kue, sehingga masyarakat Lampung menyebutnya "Buak Tat". Kue tat ini memiliki rasa yang manis, nikmat, dan lezat. Disini akan kita bahasa mengenai Kue Tat khas Pesisir Barat dan cara membuatnya.

Membuat Kue tat di Pesisir Barat seperti sudah menjadi tradisi. Menjelang hari raya idul fitri kue tat sepertinya kue utama yang mesti dibuat untuk disajikan bersama keluarga, kerabat, dan masyarakat. Bukan hanya itu saja, kue tat juga dibuat pada saat upacara adat seperti pernikahan, kematian, dan acara adat lainnya.

Mengenal Jenis Kue Tat Khas Pesisir Barat, Lampung

Kue tat memiliki beberapa jenis dengan bahan-bahan utamanya yang sama. Namun perbedaannya pada bentuk cetakan dan ukurannya. Di Pesisir Barat memang susah sangat terkenal dengan kue tat karena tradisi membuatnya pun tak pernah hilang.

Jenis kue tata sendri sangat beragam, diantaranya kie tat kindang (persegi panjang), kue tat buntokh (bulat), dan sentana.

1. Kue Tat Kindang

Kue tat kidang sama dengan kue tat buntokh, hanya saja berbeda pada ukuran saat dicetak. Cara penyajian pun harus dipotong-potong persegi dengan ukuran standar.

2. Tat Buntokh

Tat buntokh buntokh dicetak berbentuk bulat dan dapat disajikan langsung tanpa dipotong. Keduanya memiliki cetakan masing-masing karena ukuran kue tat buntokh sangat sedang dan bulat.

3. Kue Sentana

Kue sentana atau masyarakat Pesisir Barat menyebutnya "Buak Sentana". Kue ini mirip dengan buak tat kindang dengan bentuk cetakan yang sama saling berpakaian. Namun perbedaanya kue sentana tidak diberi manisan didalamnya.

Manisan ini dinamakan "Tin-tin" yang berasal dari parutan pepaya muda (belum matang) dan dicampur buah nanas. Disaat lebaran tiba kie tat selalu hadir menghiasi meja setiap masyarakat untuk menjamu keluarga dan kerabat yang datang bersilaturahmi.
Ada beberapa jenis kue yang selalu dibuat pada saat moment lebaran selain kue tat. Seperti buak panggang (kue panggang), kue bulu (kue bolu), gegetas (keripik pisang), kue cucuk gigi, kue akar kelapa, buak bawang, dan lainnya.

Cara Membuat Kue Tat Khas Pesisir Barat

Buak Tat ini adalah jenis kue tradisional khas Pesisir Barat. Anda tertarik mencoba membuat makanan ini? Nah sebelum kita bahas langkah-langkahnya, mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu berikut ini:

Siapkan Bahan-bahan:
  • Minimal 10 butir telur baik telur ayam ras biasa, atau telur bebek jadi lebih bagus
  • Gula pasir 1/2 Kg dan 1/4 kg terigu segitiga biru (bukan sagu/tapioka)
  • Sediakan 1 sdt soda kue dan 1 sdm bumbu spekuk
  • Cukup 600 gr margarin (3 bks sachet) dan 100 gr butter wysman
  • Sesiakan juga 1 kaleng SKM gold dan 2 bungkus vanili sachet untuk memberikan efek harum dan gurih pada kue tat
  • Sediakan 1 sdm minyak ambon/ perisa pisang tanpa warna (optional)
  • Siapkan cetakan khusus untuk kue tat dan tat kindang berbagai jenis dan motif
  • Siapkan oven yang sudah dipanaskan, (oven manual)
  • Perlatan pisau, alat catut untuk motif, dan pewarna untuk kreasi jika diinginkan
  • Kemudian sipakak isiannya (Tin-tin)
Untuk Isian (Tin-tin) yang akan jadi selainya, siapkan saja pepeya muda atau nanas atau dicampur agar rasanya mantap, kemudian diparut.

Perhatikan langkah membuatnya:
  1. Campurkan margarin dan vanili lalu di kocok, tak perlu lama-lama cuma 2 menit saja kemduian sisihkan.
  2. Ambil wadah lain lalu masukan telur, gula pasir dan soda kue. Kemudian dikocok sampai bahan tercampur dan mengembang. Semakin lama kocokannya makin bagus sampai mengental.
  3. Setelah mengental masukan kocokan mentega kedalam adonan telur. Tinggal anda campurkan SKM dan minyak ambon lalu anda aduk-aduk terus sampai rata secara bolak-balik.
  4. Selanjutnya, terigu yang ada tinggal campurkan bersama bumbu spekuk secara perlahan dan bertahap guna adonan tercampur rata.
  5. Setelah selesai, anda adonan tersebut anda tutup dengan lap basah, atau koran juga bisa atau tutup wadah, diamkan beberapa jam saja (sekitar 2-3 jam).
  6. Kemudian, langkah selanjutnya anda tuangkan adonan cukup 1/3 dari tebal loyang perkirakan ukurannya mengikut cetakan kue tat khusus yang sudah disiapkan.
  7. Sebelum adonan di masukkan kedalam cetakan, maka olesi cetakan dengan mentega yang sudah dicairkan/dipanaskan supaya tidak lengkel jika sudah matang
  8. Setalah adonan pertama satu persatu dimasukan kedalam cetakan yang sudah diolesi mentega, anda masukan adonan lalu ratakan, kemudian beri isian selai nanas atau pepaya ditengahnya secara rata, lalu ambil lagi adonan penutup.
  9. Pastikan selai sudah tertutup lapisan adonan kedua secara rata, jangan terlalu penuh dicetakan, karena kue setelah matang akan mengembang.
  10. Setelah adonan kedua penutup terisi, tinggal anda kreasikan dengan ukiran yang disebut "catut" dengan menggunakan alat catut khusus.
  11. Kreasi membuat catut anda olesi tepung pada ujung catut agar tidak lengket, anda jepitkan pada adonan kue (dicatut) posisi lurus, kebawah secara terus menerus sampai tercatut semua.
  12. Setelah selesai dicatut, kue lalu dimasukan kedalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu panas sedang supaya tidak gosong.
  13. Panggang selama 20 menit api di bawah 200°c lalu 40 menit 180°c api atas bawah. Atur terus panas oven jangan sampai gosong, jangan lupa setiap adonan baru yang akan dipanggang dimasukan di posisi beris oven paling bawah, yang sebelumnya dinaikan ke tingkat dalam oven bagian atas.
  14. Anda hanya menunggu waktu proses pemanggangngan sampai kue matang. Tandanya kue sudah matang terlihat dari warna kue yang dipaanggang terlihat kecoklatan.
Itulah cara membuat kue tat khas Pesisir Barat. Sebagai informasi saja anda bisa menggunakan oven listrik atau oven manual yang dipanggang diatas kompor. Perbedaanya oven listrik sangat mudah mengatur suhu panas api karena sudah terteta pada oven.

Namun berbeda jika menggunakan oven manual dengan kompor, dimana untuk oven manual bagi yang sudah biasa tidak akan terlalu sulit akan tetapi bagi yang baru pemula membuat kue tat dengan menggunakan oven manual harus exstra berhati-hati, selalu mengatur suhu panas dan selalu cek kematangannya agar kue matang sempurna.

Bagaimana sobat, sudah pahamkan dengan kue tat khas Pesisir Barat. Semua info mengenai kue tat baik jenis kue tat, bahan-bahan, dan langkah untuk membuatnya sudah bisa anda praktekkan dirumah dengan merujuk ke panduan diatas.

Jika moment lebaran atau upacara ada tertentu anda berkunjung ke Pesisir Barat, anda akan menemukan kue tat baik yang dijual dipasaran atau menikmatinya langsung dirumah-rumah warga. Sekarang giliran anda mencobanya, semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel