8 Perguruan Tinggi Berstatus Negeri Di Lampung

Sigerblogger.com - Daftara perguruan tinggi di lampung saat ini berjumlah 8 yang berstatus negeri. Lampung juga termasuk salah satu daerah pendidikan terbaik baik negeri maupun swasta. Dari deretan daftar perguruan tinggi negeri tersebut terdiri dari Universitas, Institut , Politeknik, Akademi, dan Sekolah Tinggi.

Banyaknya perguruan tinggi berstatus negeri di lampung memberikan kemudahan bagi para pemuda/i di lampung untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Beragama pilihan perguruan tinghi negeri tersebut membuat masyarakat lampung lebih mudah menimba ilmu sesuai kemampuannya.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Lampung sudah tersebar diberbagai daerah di lampung baik negeri maupaum swasta. Untuk perguruan tinggi berstatus negeri yang langsung dinaungi oleh Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Kesehatan.

Banyaknya peminat dari mahasiswa yang berkuliah di lampung menjadi bukti bahwa kualitas perguruan tinggi yang ada di lampung juga tergolong bagus termasuk kampus swasta dengan jumlah mahasiswa yang semakin banyak.

Daftar Perguruan Tinggi Berstatus Negeri di Lampung

Inilah daftar perguruan tinggi berstatus negeri di provinsi lampung. Bagi kamu yang berminat untuk kuliah di kampus negeri maka simak daftar lengkap perguruan tinggi sebagai pilihanmu.

1. Universitas Lampung (UNILA)

Universitas Lampung (UNILA) beralamat di Jln. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro no. 1, Bandarlampung, 35145. Perkembangan Universitas Lampung samgat pesat. Ini dibuktikan dengan adanya pembangunan saran dan prasarana, termasuk jumlah fakultas dan program studinya baik di Strata 1 dan Pasca Sarjana.

Universitas lampung berdiri pada tanghal 23 september 1965, hal itu sesuai pada SK dari Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP), dengan nomor 195 tahun 1965. Pada masa itu universitas lampung hanya memiliki dua fakultas yakni Fakultas Hukum dan fakultas Ekonomi yang masih ada hingga saat ini. Seiring dengan perkembanbanya bahwa universitas lampung telah memiliki sekitar 8 fakultas.

Adapun fakultas yang ada di universitas lampung diataranya fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Kedokteran. Mahasiswanya pun semakin bertamambah dan menjadi universitas terbaik kembanggaan masyarakat lampung.

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

UIN Lampung merupakan perguruan tinggi negeri di lampung yang berlandaskan islam. Kampus ini beralamat di Jl. H. Letnan Kolonel Endro Suratmin, Sukarame, Kota Bandar Lampung. Sebagai Universitas Keagamaan terbesar di lampung ini juga memiliki berbagai pilihan jurusan program studi. Uniknya sebagai Universitas Islam Negeri juga disematkan nama Raden Intan.

Raden Intan Sendiri adalah seorang Pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Lampung yang ikut membela tanah air pada masa penjajahan kolonial Belanda. Sehingga kampus ini dikenal dengan nama UIN Raden Intan Lampung.

Kini kampus UIN Raden Intan lampung sudah memiliki 5 Fakuktas pilihan yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuludin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang lengkap juga di program pasca Sarjana S2 dan S3 yang beralamat di Jl. Yulius Usman No.20, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

3. Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)


Polonela adalah salah satu kampus negeri di lampung. Kampus Politeknik Negeri Lampung ini beralamat Jl. Soekarno Hatta No.10, Rajabasa Raya, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 3514. Polinela berdiri pada tanggal 7 April 1984.

Sebelumnya kampus ini bernama Politeknik Pertanian Negeri Lampung, dan berubah secara resmi menjadi pendidikan tinggi secara mandiri sebagai bentuk perguruan tinggi negeri di lampung pada 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001.

Tepat pada tanggal 2 Agustus 2004 lalu Politeknik Pertanian Negeri Lampung ini berubah nama yakni Politeknik Negeri Lampung, perubahan ini disebabkan atas dasar rencana pengembangan Politeknik dimasa mendatang dimana bidang studi yang di selenggarakan bukan hanya lingkup pertanian saja.

Adapun jurusan dan program studi diataranya Budidaya tanaman pangan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pertanian, Peternakan, serta Ekonomi dan Bisnis. Banyak mahasiswa yang ahli pada bidang perkebunan, pertanian, dan perternakan memutuskan untuk berkuliah di Politeknik Negeri Lampung.

4. Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (POLTEKES)


Kampus Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (POLTEKES) adalah satu dari deretan kampus yang berstatus Negeri di Lampung yang telah berdiri pada tanggal 12 april 2001. Kampus Kesehatan ini beralamat yakni di Jalan Soekarno - Hatta No.1 dan No. 6, Hajimena, Kec. Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Letak Kampus memang masuk di daerah Lampung Selatan, Namun sangat dekat dengan Kota Bandar Lampung.

Untuk Jurusan yang ada di Poltekes Tanjung Karang ini diantaranya Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Gigi, Kebidanan, Keperawatan, Gizi, Analisis Keperawatan, Teknik Gizi, dan Farmasi. Semua sudah lengkap dengan pilihan di Jurusan Kesehatan.

Sedangkan untuk Program Studinya terdiri dari Program D.III Keperawatan Kotabumi, Program D.III Kebidanan Metro, Program D.IV Keperawatan, Program D.IV Bidan Pendidik, Program D.IV Bidan Klinik, D.IV Kesehatan Lingkungan, D.IV Promkes dan D.IV Analis Kesehatan. Poltekes ini sangat terkenal sebagai pendidikan dibidang kesehatan terbaik di lampung yang mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai bidangnya.

5. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro

Sebagai kota madya dengan julukan kota pendidikan, terdapat kampus negeri perlaihan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Metro yang telah berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro. Kampus yang berasaskan Islam ini beralamat di Jl. Ki Hajar Dewantara No.15A, Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung 34112.

Jurusan di IAIN Metro diantaranya Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Untuk program Pasca Sarjana (Tingkat Magister) di IAIN Metro yakni Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga sejal tahum 2010/2011. Kampus islam berstatus negeri ini tepat dijakan rujukan anda untuk melanjutkan pendidikan anda.

6. Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri secara terbuka yang mampu memberikan wadah secara umum bagi kelangsungan pendidikan masyarakat yang berkualitas. Universitas Terbuka ini sudah hadir di seluruh indonesia termasuk lampung dan bahkan sampai ke pelosok desa. Hal ini sesuai pada motto Universitas Terbuka yakni "Membuka Akses Pendidikan Tinggi untuk Semua".

Kampus Universitas Terbuka di Lampung sendiri beralamat di JL Soekarno-Hatta, No. 108 B, Rajabasa, 35144, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35142. Letak yang strategis di ibukota ini sangat tepat bagi anda yang sibuka dengan profesi pekerjaan, sehingga alternatifnya bisa sambil menyempatkan untuk berkuliah di Universitas Terbuka ini.

7. Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Metro

Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Metro yang beralamat di 16 C, Mulyojati kota Metro, adalah Perguruan Tinggi Negeri dibidang olahraga yang sudah mencetak para atlit hingga ke tingkat international. Selain itu, STO Metro telah mencetak ribuan guru handal yang sangat berkompeten di dunia olahraga.

Untuk Program Studi yang ada dikampius negeri yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Pendidikan Jasmani, serta Kesehatan dan Rekreasi. Jika anda menyukai olahraga dan tertarik untuk menjadi atlit lampung yang berkualitas maka Sekolah Tinggi Olahraga Metro ini dapat dijadikan wadah bagi anda untuk mempelarinya dengan baik.

8. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang berada di Lampung. Alamat kampus ITERA berada di Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Sejak berdiri pada 6 Oktober 2014 ini, Kampus ITERA terus melakukan perkembangan baik dari segi pembangunan dan Jurusannya. Institut Teknologi Sumatera ini telah di kelompokkan berdasarkan Jurusan dan Program Studinya yang meliputi:

- Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, meliputi:Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Geomatika, Teknik Lingkungan, Arsitektur, Teknik Kelutan, Teknik Kelautan, Desain Komunikasi Visual, Arsitektur Lanskap, dan Desain Produk.

- Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, meliputi: Teknik Elektro, Teknik Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Geologi, Teknik Sistem Energi, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Biosistem, Teknik Material, Teknik Telekomunikasi, Rekayasa Kehutanan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Biomedis.

- Jurusan Sains, meliputi: Matematika, Kimia, Farmasi, Biologi, Fisika, Sains Atmosfir Keplanetan, Sains Aktuaria, Sains Komputasi, dan Sains Lingkungan Kelautan.

Seperti kota-kota besar lainnya di indonesia, ternyata lampung juga tak kalah menarik dalam memberikan sarana pendidikan untuk masyarakat di Sai Bumi Rua Jurai. Bagi anda yang tertarik untuk berkuliah di lampung silahkan pilih sesuai selera anda. Semua perguruan tinggi di lampung baik negeri maupun swasta sangat baik dalam menerapkan sistem pebalajaran bagi mahasiswanya.

8 Perguruan Tinggi Berstatus Negeri Di Lampung ini sudah biasa menjadi incaran bagi mahasiswa terkhusus bagi yang berniat untuk melanjutkan pendidikannya di lampung. Sebagai saran bagi anda yang akan lanjut kuliah di lampung tak perlu mempermasalahkan mau kuliah di perguruan tinggu negeri atau swasta, semua sama saja yang penting fokus untuk belajar.

Nah sekarang anda sudah paham mengenai deretan kampus yang berstatus negeri di lampung. Perguruan tinggi tersebut memiliki berbagai macam jurusan dan program studi. Selain itu, terdapat juga beasiswa kampus dari pemerintah yang berbagai macam. Bagaimana anda tertarik untuk kuliah di lampung? Mari segera persiapakan diri anda sekarang juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel