Mengenal Motif dan Jenis Batik Lampung

Sigerblogger.com - Batik lampung memiliki keunikan tersendiri dengan motif yang sesuai dengan identitas masyarakat lampung. Motif yang ada pada batik lampung adalah sebuah hasil dari perkembangan ide yang dituangkan dalam bentuk seni. Dimana permukaan batik ini sama halnya dengan daerah lain yakni mencirikan identitas disuatu daerah.

Budaya bisa saja berubah sesuai perkembangan zaman. Seperti halnya perkembangan dunia fasion busana yang telah dirancang dengan banyak perubahan dari budaya yang dahulu dengan perkembangan menjadi lebih modern. Baca: Sejarah Batik Lampung dan Perkembangannya

Sehingga pembuatan kain batik khas lampung dapat dilihat dari seni pada proses pembuatan yang telah mengalami perubahan. Walaupun demikian, selagi tidak merubah makna dan nilai-nilai estetika tidak masalah.

Motif dan Jenis Batik Lampung

Seperti apakah Motif Batik lampung dan apasaja jenisnya?. Pembahsan mengenai batik lampung kali ini akan kita kupas secara menyeluruh. Seiring perkembangan zaman sudah banyak motif kontemporer yang bermunculan. Sebenarnya tidak masalah yang paling penting ialah tidak meninggalkan kebudayaan masyarakat Lampung yang menjadi point ciri khasnya.

Dilihat dari Motif batik lampung yang unik dan menarik sudah pasti tersirat makna filosofi yang menjadi identitas budaya. Semakin lama pasti akan banyak bermunculan motif kreasi batik lampung yang beragam. Sebagai hasil karya para desainer lampung yang indah.

Untuk memberikan pemahaman secara detail mengenai motif dan jenis batik lampung, silahkan simak penjelasan berikut dengan seksama.

1. Motif Kain Batik Lampung


Batik dengan motif khas daerah lampung yang yakni "Sembagi" ini merupakan kain yang biasa digunakan masyarakat khususnya lampung untuk menutupi mayat. Kain ini memiliki bentuk motif dan warna yang sangat gelap. Sementara untuk batik yang memiliki warna terang biasa digunakan dalam pembuatan busana atau baju batik.

Untuk motif batik bernama "Sembagi" banyak berkembang melalui tangan kreatif para desainer dan seniman lampung yang membuat dan menciptkan berbagai kreasi motif dari "Sembagi Belando dan Sembagi Sekebar" sebagai motif utamanya. Sebagai bentuk ciri-ciri dari batik lampung yakni terdapat gambaran yang berbentuk bunga kaca piring, sepedundung, dan masih banyak lagi lainnya.

Adanya ragama motif batik termasuk lampung memberikan perpaduan ragam batik nusantara yang memiliki ciri khas masing-masing. Saat ini batik bukan hanya dipakai disaat acara formal atau ditempat bekerja tertentu akan tetapi sudah dikombinasikan dengan desain yang elengant dan fasionable hingga menghasilkan busana yang bagus.

2. Jenis Kain Batik Lampung

Selain membahas mengenai motif, ternyata batik lampung juga memiliki Jika dilihat dari proses pembuatan batik lampung, ternyata seperti pada umumnya bahwa terdapat 3 jenis kain batik khas daerah lampung yakni:

- Batik tulis,
- Batik cap,
- dan batik tulis.

Ketiga batik ini memilikk motif yang full lampung. Untuk masalah harga jangan khawatir sudah tentu bersahabat. Dimana dari selembar kain batik lampung ini dijual dengan harga mulai dari 75 ribu rupiah tergantung jenis dan kesulitan dalam proses pembuatan.

Pentingnya kerjasama dari berbagai pihak dalam mempromosikan kain batik lampung ke tingkat dunia supaya batik lampung lenih cepat dikenal secara menyeluruh. Bisa saja membuat berbagai event kegiatan baik secara regional, maupun nasional yang memang betul-betul memperkenalkan batik khas daerah masing-masing.

Kerjasama meliput pemerintah setempat, terutama pada departemen pendidikan dan kebudayaan. Selain itu, pihak pariwisata juga bekerjasama secara bersamaan guna memajukan Batik Lampung secara bertahap.

Selain itu, membudayakan pakaian batik lampung dilingkungan instansi pemerintah dan swasta disetiap waktu tertentu atau wajib memakai batik lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel