Makam Syekh Aminullah Wisata Religi Keramat Way Manula Pesisir Barat

Sigerblogger.com - Pesisir Barat memang terkenal akan budaya serta panorama alam yang indah, wajar saja jika krui sekarang ini menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain wisata alam dan wisata bahari dengan pantai yang cantik, krui juga memiliki wisata religi yang konon sudah terkenal luas dan mempunyai banyak pengunjung.

Tak hanya masyarakat lokal saja, orang-orang dari luar kota pun banyak berdatangan untuk ziarah di tempat tersebut. Ada yang datang untuk bermunajat doa, ada yang datang untuk melaksanakan nazar (janji), dan ada juga yang datang untuk memakmurkan tempat ziarah ini.

Lokasi Makam Syekh Aminullah Pesisir Barat

Wisata religi ini bernama keramat "way manulla", atau sering dikenal dengan makam syeh aminullah. Jika masyarkat sekitar yang sering menyebutnya dengan istilah "Makam Puanyang Khumpok", atau "Makam Tanjung Jaoh". Sebagai bentuk etika dalam penyebutannya.

Keramat way manullah ini terletak di kecamatan lemong diujung barat Pesisir Krui, berdekatan dengan perbatasan Provinsi Bengkulu. Jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota krui, dengan berkendara menggunakan mobil atau pun motor. Disini tak perlu khawatir untuk masalah parkir. Sebab sudah tersedia tempat parkir khusus untui semua pengunjunh baik roda dua maupaun roda empat.

Untuk anda yang ingin berwisata kesana, disarankan untuk berhati-hati, karna anda akan memasuki taman bukit barisan selatan dengan keadaan jalan yang berliku-liku serta jalan yang banyak sekali tanjakan. Apa lagi untuk anda yang bukan berasal dari masyarakat lokal (krui) yang tentu belum memahami medan disana juga harus lebih berhati-hati.

Tapi perjalanan anda tak akan terasa membosankan, karna sebelum anda sampai di pintu masuk menuju keramat way manula, anda akan di sambut oleh binatang sejenis kera yang berkeliaran di jalanan, yang menyambut kedatangan anda. Jika ingin menyaksikannya lebih dekat anda cukup lemparkan saja makanan seperti pisang atau roti, si kera-kera tersebut akan berlarian dan berlompatan untuk memakannya.

Perjalanan menuju makam juga membutuhkan waktu yang lumayan yakni ditempuh dengan berjalan kaki. Jika dari jalan lintas (tugu selamat datang) menuju keramat anda akan berjalan ke makam memakan waktu sekitar 15 menit, karna memang kondisi jalan yang masih terjal dan licin. Jadi untuk anda yang ingin berwisata kesana, pastikan dulu keadaan cuaca sebelum berangkat.

Sebelum anda naik ke atas menuju makam, anda harus mandi terlebih dahulu untuk mensucikan badan. Disana sudah terdapat aliran air, yang membuat anda akan terkejut karna melihat lobang berbentuk kendi yang mengalirkan air.

Sepintas anda akan berpikiran bahwa lobang ini tidak akan cukup untuk memasukkan tubuh anda, tapi itulah keajaiban Allah SWT. Setelah anda memasukkan tubuh anda, anda akan merasakan luasnya didalam lobang tersebut serta airnya yang bersih dan bening membuat tubuh anda semakin bersih dan segar.

Saat sudah berada di makam, dianjurkan kepada anda para pengunjung untuk selalu menjaga perkataan yang sekiranya tidak pantas untuk di dengar. Karna kemungkinan buruk akan terjadi jika anda berkata atau melakukan hal yang kurang wajar. Jadi untuk anda yang belum pernah kesana dan tertarik untuk ke sana, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga sikap serta perbekalan yang cukup.

Untuk itu, bagi anda yang akan berwisata religi ke pesisir barat jangan lupa persiapkan kebutuhan anda dengan baik. Jangan lupa abadikan moment anda sebagai bentuk rasa cinta terhadap wisata di pesisir barat dan sebagai bentuk kontribusi mengenalkan agar wisata religi krui pesisir barat semakin dikenali.

Sebab tak bisa dipungkiri bahwa seiring berkembangnya Pesisir Barat dibidang wisata, maka akan membuat kabupaten ini semakin maju ditambah dengan adanya wisata religi makam syekh aminullah ini yang mampu memberikan pengaruh baik dapam meningkatkan angka kunjungan wisatawan untuk berwisata di pesisir barat. Oleh karena itu, kita juga berharap semoga tetap terjaga keberadaannya dan ditambahkan lagi fasilitas penunjang agar pengunjung merasakan kenyamanan. (Roni)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel