Harga Getah Damar Mata Kucing Terbaru

Sigerblogger.com - Getah Damar memang sangat laku dipasaran, harganya pun sangat bervariasi mulai dari damar mata kucing, damar super (A), dan lainnya. Untuk harga juga beragam mulai dari Rp15.000 - Rp30.000/kilonya. Disisi lain harga getah damar sewaktu-waktu juga mengalami penuruan yang pasti tergantung pada kondisi bagi para pemborong.

Dilampung sendiri sangat terkenal dengan penghasil getah damar terbaik khususnua di kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat. Warga pesisir yang memiliki perkebunan dammar memang sangat beruntung, ini diakrenaka getah damar sebagai tanaman warisan jangka panjang yang mampu hidup puluhan tahun.

Adanya getah damsr mampu memberikan pemasukan bagi masyarkat. Pasalnya harga getah kristal bening dengan nama latin Shore javanica itu kini kian meroket. Terbukti harganya mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000 di setiap perkilonya.

Daftar Harga Getah Damar Terbaru Berdasarkan Jenisnya

Untuk getah damar dengan kelas asalan dari masyarakat ke pembeli pertama mencapai Rp16 ribu/Kg, kelas terbaik atau biasa disebut damar AB mencapai Rp23 ribu/Kg, dan damar untuk kelas sedang atau AC mencapai Rp21.500/Kg. Namun sewaktu-waktu harga damar pun juga turun naik secara tak menentu.

Banyak sekali keuntungan yang akan diraskan oleh masyarakat terkait adanya pohon damar ini. Jika berbicara mengenai keuntungan memang sangat banyak dan itupun tidak hanya diperoleh masyarakat yang memiliki perkebunan damar saja, melainkan juga dirasakan oleh para penampung yang membeli getah damar dari masyarakat, kemudian kembali menjual getah damarnya kepada pembeli yang lebih besar dengan harga yang juga lumayan tinggi.

Seperti contoh saat masyarakat yang baru saja memetik damar lalu menjual getah damar tersebut kepada pembeli kemudian pembeli menjualnya didaerah pulau jawa dengan jumlah yang banyak, maka keuntungannya pun juga akan berlipat sesuai pada tingkatan getah damar tersebut.

Namun, besar harapan mengenai penjualan getah damar khususnya diwilayah pesisir dapat terus terjaga. sehingga harga getah damar dapat terus stabil dan tidak akan merugikan baik masyarakat maupun pembeli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel