Gambus Musik Tradisional Masyarakat Lampung

Sigerblogger.com - Gambus adalah alat musik khas lampung yang dimainkan dengan cara di petik. Gambus alat musik mirip dengan gitar yang memiliki tehnik tersendiri saat dimainkan. Diiringi dengan lagu khas daerah lampung mampu memberikan kesan dalam setiap bait lagu yang dipadukan dengan petikan gambus.

Memainkan alat musik gambus memang tergolong susah. Namun bagi anda yang sudah menguasai tehnik bermain gitar sangat mudah dalam memahami dan mempelajarinya. Baca juga: Budiker Seni Budaya Khas Pesisir Barat Lampung

Gambus/gitar tunggal ialah tergolong seni musik lampung yang unik. Mengapa tidak, dari segi memaikan dan suara musik yang terdengar mampu menarik perhatian masyarakat. Gambus lampung memang indah didengar jika sambil dinyanyikan dengan lagu lampung. Itulah yang menjadi kelebihan dari alat musik ini. Berbeda dari gambus yang tersebar di nusantara dimana banyak dimaikan pada sistem orkes, untuk gambus lampung sendiri dimainkan dalam bentuk tunggal.

Gambus Seni Musik Tradisional Lampung

Gambus memang tak banyak yang dapat memainkannya. Namun keahlian dalam memainkan alat musik gambus cukup diperhitungkan dimasyarakat. Banyak orang membutuhkan para pemain musik gambus terurama untuk mengiringi acara-acara adat lampung termasuk pada upaca pernikahan.

Langkanya pemain gambus lampung membuat banyak peluang bagi semuanya. Banyaknya permintaa masyarakat yang membutuhkan pemain gambus hingga mampu memberikan peluang jasa dengan bayaran yang fantastis. Namun pada dasaranya membidangi alat musik gambis sebagai bentuk pelestarian budaya lampung, yang kita ketahui semakin sulit bagi geberasi muda yang tak banyak mempelajarinya.

Biasanya alat musik gambus ini hanya dipelajari oleh para penggiat budaya dan pecinta seni di lampung. Termasuk para generasi muda yang mengambil jurusan kesenian. Sehingga mereka juga mempelajari alat musik gambus dengan maksimal. Namun ini sangat disayangkan, seharusnya selaku masyarakat yang tinggal di lampung harus mempelajarinya secara menyeluruh.

Ini bertujuan guna mempertahankan budaya lampung agar tetap eksis disetiap zaman. Gambus memang unik namun jika masyarakat tidak melestarikannya secara luas maka kemungkin akan mudah tersingkirkan. Apalagi perkembangan musik sekarang ini semakin luas dengan lahirnya pola permainan alat musik yang mulai beragam.

Untuk melestarikannya memang harus dengan konsep yang tepat. Dimulai dari sosialisasi pemahaman mengenai segala budaya yang ada di lampung. Lihat saja setiap lomba gambus lampung peserta sangat minim. Berbeda dari peserta lomba musik modern dimana masyarakat cendrung lebih banyak megikutinya.

Penaman pemahaman semacam ini memang harus diterapkan sejak dini. Didukung dengan ekstra kurikuler di sekolah dasar yang harus disediakan. Supaya budaya apapun yang ada dilampung dapat tetap eksis dan terus mengudara sepanjang masa khususnya di tanah sai bumi rua jurai. (Sumber foto: @rey_lampung, @saibuay).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel