7 Lapangan Kerja Baru di Era Digital

Sigerblogger.com - Adanya kemajuan tekhnologi yang begitu cepat khususnya dinegara indonesia menjadi berkah dan suatu kebanggaan bagi kita semua. Terlebih dengan peralihan menuju Tv digital akan banyak memberikan peluang positif untuk masyarakat. Dampak Penerapan Tv digital  pada masyarakat akan memunculkan peluang baru berbasis teknologi.

Seperti halnya TV Digital, Pernahkah anda mendengar informasi yang tengah gencar di perbincangan publik mengenai penerapan tv digital?. Dizaman yang serba canggih ini, selaku masyarakat wajib mengikuti perkembangannya. Sebab pemerintah kini tengah berusaha untuk memperkenalkan Televisi digital kepada seluruh lapisan masyarakat indonesia secara luas.

Tv digital adalah jenis televisi dengan sistem modulasi digital yang kompresi dalam melakukan siaran secara digital berupa sinyal gambar, data, hingga suara kepada seluruh pesawat televisi. Untuk Modulasi yang dimaksdukan sebagai proses dalam melakukan perubahan dari suatu gelombang periodik yang akan menjadi suatu sinyal yang dapat dengan mudah dan cepat dalam membawa informasi.

Kita perbandingan dengan Tv analog yang biasa kita gunakan dalam menyaksikan berbagai siaran yang menayangkan informasi dan hiburan melalui sinyal pemancar, namun berbeda dari sistem Tv digital yang dapat memberikan warna dan kecerahan gambar yang lebih jernih dan tentu mampu menangkap sinyal hingga pada sampai sinyal yang tak dapat di terima lagi.
Salah satu faktanya adalah ternyata negara indonesia bersama miyanmar merupakan negara terakhir di Asia Tenggara yang belum memulai digitalisasi televisi. Pasti ini sebuah ketertinggalan. Tentu sangat memprihatinkan jika dilihat dari penduduk di negera indonesia yang besar ini dengan angka mencapai 265 juta jiwa.

Pentingnya penerapan Tv digital ini akan melahirkan dampak positif yang akan kita dapatkan bersama, diantaranya akan muncul peluang lapangan kerja di era digital.

7 Lapangan Kerja Baru di Era Digital

Berkat kemajuan Tv digital maka masyarakat akan lebih mudah dalam membuat trobosan baru guna memanfaatkannya sebagai peluang, baik dalam bisnis dan lainnya. Mau tau apasaja dampak penerapan Tv digital kedepan?. Sangat banyak, terlebih dapat terciptanya sebuah lapangan pekerjaan yang baru pada era digital yang berpeluang besar bagi masyarakat indonesia.

Berikut 7 lapangan kerja baru sebagai dampak positif dalam penerapan Tv digital:

1. Atlet eSporte

Atlet eSport merupakan Game atau sebuah permainan yang dipakai oleh seseorangan dan sudah dijadikan sebagai profesi. dimana para atlet ini bekerja yakni dengan Game namun saat mereka istirahat tidak main Game. Para atlet ini akan bermain secara tim dengan pakain seragam lengkap yang serasi dengan timnya.

Kita harus bisa membedakan antara Game untuk mengisi waktu luang dengan Game untuk Profesi. Nah yang di maksud dari Atlet eSport ini adalah sebuah pekerjaan yakni berupa Game yang di peruntukan sebagai pekerjaan tetap. Jadi jangan disamakan dengan Game yang dilakukan untuk mengisi waktu santai, nanti yang muncul dalam perbincangan adalah tidak baik jika bermain game.

2. Vlog

Vlog sebagai sarana untuk berkreasi dengan memanfatkan konten berupa video yang langsung dari android anda. Vlog ini juga termasuk peluang yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari konten Vlog yang anda buat. Sistemnya tak jauh beda dari pembuatan pada konten youtube.

Contoh kontennya yakni misalkan anda sedang jalan-jalan kesuatu tempat wisata seperti pantai. Nah anda cukup dengan mereka video anda sekaligus memberikan keterangan informasi seolaha-olah anda sedang berbicara dengan audiens dengan durasi waktu yang disesuaikan.

Kemudian video tersebut anda posting di sosial media anda atau pada chenel youtube. Semakin keren editan dan kontennya maka view akan semakin banyak. Sehingga selain mendapatkan endorse juga dapat uang dari Google.

3. The Animator

Sesorang yang mampu membuat gambar animasi yang dapat dijadikan sebagai bahan iklan atau tontonan lucu yang menghibur. Para animator ini akan berpeluang untuk membuat gambar-gambar yang unik dengan kombinasi perpaduan suara dubber yang bisa bergerak. Contoh gambar kartun yang seoalah-olah biaca berjalan berakting, dan berbicara dengan petunjuk dubber.

Animasi ini juga sudah banyak di manfaatkan sebagai bahan iklan layanan masyarakat dan iklan produk. Contoh pada iklan di televisi yang diperankan oleh kartun animasi dengan keterangan dubber seseorang hingga seoalah-olah hidup. Sehingga pesan yang di sampaikan akan tepat sasaran mulai dari anak-anak hingga dewasa.

4. Conten Web


Membuat konten dengan pada situs website yang berisi seperti teks tulisan, gabar atau produk bisnis. Biasanya Conten web akan di posting pada Blog guna menyampaikan informasi kepada sasaran. Misalkan yang dibuat conten webnya adalah bagian produk bisnis maka akan dibuat berupa gambar dan teks tulisan sebagai keterangan guna tersampaikan kepada konsumen.

5. Blogger

Blogger adalah sebuah profesi berkaitan pada seseorang yang memiliki blog, dimana para blogger akan menukis berbagai artikel yang ia kehendaki. Misalkan konten blog berisi artikel tentang Budaya, Wisata, Bisnis, Inspirasi, dan Blogging, seperti pada situs sigerblogber.com yang tengah anda baca. Baca juga: 3 Cara Menjadi Blogger Sukses Bagi Pemula

Blog dikelola secara pribadi, para blogger memang dasarnya suka menulis. Sehingga mereka mengisi blog miliknya berupa tulisan. Berprofesi sebagai blogger sangat menyenangkan apalagi dampaknya sangat banyak. Blogger bisa membuat anda terkenal seperti raditya dika misalnya, beliau awalnya berprofesi sebagai blogger hingga merabat kedunia entertain.

Nah bagi anda yang akan menjadi Blogger yuk gabung di komunitas siger blogger. Jangan lupa follow instagram @sigerblogger dulu dan langsung tanya-tanya boleh, silahkan hehee.

6. Influencer

Influencer adalah sebutan keren untuk para pengguna sosial media yang memiliki banyak pengaruh terhadap para pengikutnya. Seperti Artis, Selebgram, Blogger, dan Youtuber. Dimana mereka hanya mampu memasarkan infromasi iklan baik produk atau himbawan yang dapat cepat mendapatkan respond dari para pengikutnya.

Influncer ini sudah menjadi profesi yang santai, dimana mereka hanya fokus mengiklankan produk tersebut melalui sosial media yang mereka miliki. Sehingga mereka akan mendapatkan income/bayaran teragntung harga kesepakatanya. Contoh Riarcis dan Atta Halilintar yang mampu meraup pengahsilan puluhan juta dari endorse yang mereka terima.

7. Youtubers

Youtubers adalah sebuah kegiatan yang hampir sama dengan ke 6 profesi diatas. Dimana para youtubers ini senagaja membuat konten yang mampu menarik perahtian masyarakat. Konten yang mereka buat juga berfariasi ada yang sasaran sebagai hiburan, ada yang berupa tutorial, dan lain sebagainya. Baca: Konten Youtube Yang Bagus Untuk Pemula

Mereka memiliki chenel youtube yang sudah memiliki banyak suscribee dan junlah viewers yanga banyak. Anda bisa melihat apda konten video mereka yang sudah memiliki tayangan iklan pada awal video saat akan di tonton. Nah inilah sumber pendapatan mereka dari google ditambah pengahasilan dari paid promote di sosial mereka yang sudah banyak pengikutnya.
Jika pemerintah saja begitu semangat dan usaha yang sungguh dalam memeberikan perubahan ini, apakah kita harus tinggal diam?, Tentu sangat disayangkan. Setidaknya kita bisa mengetahui program pemeritah untuk memberikan sampak kemajuan di era tehknologi yang semakin canggih.

Itulah 7 Lapangan Kerja Baru di Era Digital saat ini. Sekarang anda bisa memilih apa kira-kira yang cocok dari 7 pekerjaan diatas. Kemajuan tehknologi memang wajib kita ikuti sesuai dengan kondisinya sebab jika tidak, maka kita akan semakin ketinggalan. Banyak dampak postif dari penerapan Tv digital kedepannya dan justru melahirkan banyak peluang berbasi tehknologi.

Kita berharap selaku masyarakat untuk saling mengingatkan dan selalu mendukung pemerintah dalam penerapan Tv digital yang tak lama lagi dapat kita nikmati dinegara indonesia. Sudah sepatutnya kita terus memberitahukan antar sesama terkait informasi mengenai TV digital ini agar dapat secepatnya running.

Jika negara indonesia sudah resmi menerapkan Tv digital secara menyeluruh maka peluang negara indonesia untuk bersaing dengan negara lain semakin mantap. Itulah kenapa masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah, karena tujuannya adalah tetap untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakat indonesia sendiri, sudah pasti kita yang akan menikmatinya bukan orang-orang dari negara lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel