Sulam Usus Lampung dan Proses Pembuatannya

Sigerblogger.com - Sulam Usus merupakan salah satu seni hasil kerajinan yang sangat populer di Provinsi Lampung. Sulam Usus adalah salah satu kerajinan tenun yang dibentuk dalam sistem sulam dengan menggunakan bahan baku kain satin, kemudian dirajut dengan perpaduan benang. Uniknya Pakaian Sulam Usus ini terangkai sangat menyerupai usus ayam. Sulam usus juga memiliki motif tersendiri sebagai ciri khas yang unik dan sudah ada sejak lama.

Sebelum dikembangkan dalam bentuk pakaian, sulam usus dahulunya hanya digunakan sebagai pelengkap pakaian terkhusus bagi wanita yang difungsikan sebagai penutup di bagian dada di setiap kostum pengantin perempuan. Tak hanya itu saja, kain penutup dada yang terbuat dari sulam usus juga sering dipakai oleh para penari sesuai pelengkap kostum yang mereka kenakan.

Mengenal Sulam Usus Lampung dan Proses Pembuatannya 

Seiring perkembangan zaman, Para Desainer kebanggaan masyarakat Lampung turut andil mengembangkan sulam usus ini menjadi pakaian yang populer yang dapat dinikmati banyak kalangan. Inilah yang menjadi peluang bagi para pengrajin sulam usus untuk dapat berbagai rajutan fashion yang menarik. Baca juga: Kain Celugam/Pudak Palsu Warisan Khas Lampung Barat

Tidak sampai disitu saja, para desainer di Lampung terus berinisiatif dalam melakukan sistem pengembangan motif dari sulam usus agar dapat menghasilkan banyak produk berkualitas khas lampung yang bermanfaat.

Jika dahulu, Sulam Usus hanya dipakai oleh kalangan perempuan saja namun berbeda dengan perkembaanganya diera modern ini, para desainer lampung juga membuat terombosan terbaru dengan membuat pakaian pria berbahan sulam usus yang dipadukan dengan kain lain sehingga mampu menjadi pakaian pria yang elegant.

Kemajuan trend fasion dari sulam usus menjadi peluang agar dapat dinikmati baik kalangan pria dan wanita. Jika dilihat, pakaian wanita dari sulam usus banyak mewarnai berbagai acara khususnya di Lampung. Gaya busana sulam usus mampu menarik perhatian setiap orang, warna pilihan yang beragam dan motif yang meyerupai usus ayam inilah menjadi daya tarik tersendiri.

Proses Pembuatan Sulam Usus Lampung

Pada proses pembuatan sulam usus memang tergolong rumit, sistem tenun harus dibutuhkan kreatifitas dan tehknik yang khas. Itulah kenapa harga Sulam Usus, baik yang sudah menjadi produk pakaian ini memiliki nilai jual yang tinggi, karena selain dari proses pembuatan yang begitu sulit dan bahan-bahan yang digunakan juga berkualitas. Baca: 18 Macam Jenis Tapis Lampung dan Penjelasan Secara Lengkap

Lalu, bagaimanakah sistem pembuatan sulam usus ini?, Untuk mengetahui sekilas pembuatanya maka simak informasinya berikut ini:

1. Siapakan dulu mengenai bahan sulam usus yang terdiri dari Kain Satin. Kain ini sangat mudah didapatkan, karena sudah tersedia dipasaran.

2. Kain satin kemudian di potong panjang seperti menyerupai pita dengan ukuran kecil.

3. Setelah itu Proses Rader, yakni buatlah pola yang digambar diatas karton, kemudian hasil potongan kain satin dirangkaikan berdasarkan pola yang sudah dibuat.

4. Tahap selanjutnya yakni proses Jelujur. Dimana kain satin dipadukan pada motif dan pola yang sudah dibuat. Pada tahap Jelujur dengan mempatenkan disetiap lekukannya agar terikat kokoh.

5. Kemudian tahap berikutnya di Sulam. Yakni menyatukan semua potongan kain dengan kain lainnya berdasarkan motif awal yang telah di tentukan. Contoh motif baju atau motif taplak meja, dan lainnya.

6. Pengecekan Benang, ini dilakukan guna melihat hasil dari proses awal dilakukan. Lihat apakah ada potongan-potanga kain satin yang tidak menyatu secara rapih.

7. Pemasangan Payet sesuai motif. Payet sebagai motif pariasi ini disesuaikan dengan pola utama. Supaya terlihat bagus dan menarik.

8. Pemasangan kancing baju, jika semua sudah selesai maka tinggal pemasangan kancing berdasarkan ukuran jarak dan tempat posisi setiap kancing. Usahakan jarak kancing sesuai ukuran.

9. Pengecekan keseluruhanan, hasil pembuatan tersebut di cek ulang, lihat kerapihan jahitan benang, dan kekokohannya. Termasuk pada kancing bajunya agar tidak mudah lepas.

Itulah proses pembuatan sulam usus yang begitu rumit, dalam pengerjaannya memamg dibutuhakn keahlian tersendiri. Untuk menyelesaikan satu produk saja mampu memakan waktu yang lama. Pakain Sulam Usus memang nyaman, selain terlihat elegant dan berkelas juga mampu memberikan daya tarik yang megah.

Untuk hasil produksi dari perpaduan sulam usus di lampung sangat beragam seperti aneka jenis kebaya wanita, kemeja dan jas pria bahan sulam usus, tas kombinasi sulam usus, dan sebagainya. Harganya pun memang pas berdasarkan kualitas produk yang bagus.

Nah, untuk rekan-rekan semuanya mari kita sosialisasikan informasi mengenaik budaya di lampung baik beruoa produk yang memang sudah turun temuran, tradis, dan adat istiadat lampung. (Foto: @aanibrahimgalery).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel