Alam Gemiser/Aban Gemiser Benda Warisan Adat Lampung Sai Batin

Sigerblogger.com  - Alam Gemiser/Aban Gemiser adalah sebuah benda pelengkap dalam adat, benda ini dihadirkan sebagai tempat untuk pimpima...

Sigerblogger.com - Alam Gemiser/Aban Gemiser adalah sebuah benda pelengkap dalam adat, benda ini dihadirkan sebagai tempat untuk pimpimanan adat Suku Saibatin. Biasanya yang memawakai konsep Alam Gemiser ini disaat upacara adat yang dikhususkan untuk tokoh, dan pada saat acara arak-arakan pernikahan.

Alam Gemiser merupakan sebuah perlengkapan yang khusus dibuat berupa tandu segi empat yang lengkap dengan tiangnya. Kerangka Alam Gemiser ini berbentuk persegi yang dihiasi dengan pernak-pernik khas lampung yang disebut "Adadab" dan lainnya.

Alam Gemiser/Aban Gemiser Benda Warisan Adat Lampung Sai Batin

Tradisi warisan khas lampung berupa Alam Gemiser memang begitu unik.
Tradisi ini berawal dari kerajaan Sekala Brak di Lampung Barat yang digunakan dalam kegiatan prosesi adat.

Berdasarkan aturannya, Alam Gemiser ini tidak sembarangan digunakan secara umum artinya memang khsusus dari kalangan kerajaan atau bangsawan.

Kain penghias Alam Gemiser diantaranya kain selindang atau kain miwang, kain sulam benang emas, ambumbak dan jiwang ratu, lelangsi. Untuk kain penutup dibagian atas Alam Gemiser yakni "Leluhokh" yang berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari.

Alam Gemiser Alat Untuk Mengarak Pengantin dan Tokoh Pada Upacara Adat

Penggunaan Alam Gemiser ini diberikan 4 petugas di masing-masing ujung untuk mengangkatnya, kemudian kedua sepasang penganten sembari berisi didalamnya bersama kedua orangtua dari mempelai pria. Sedang diluar Alam Gemiser didamping bagian depannya petugas pembawa pedang, tombak, dan alap-alap.

Sedangkan di posisi bagian belakang Alam Gemiser di ikuti oleh rombongan keluarga, dan para penyanyi serta pemain musik yang memainkan rebana dan gendang. Nyanyian yang dilantunkan dengan lirik lampung berisi pesan pernikahan dan nasehat semabri berjalan menuju arena atau gedung.

Sesampainya dingedung maka para petugas dari paliang depan akannterus berjalan lurus, kemudian petugas pembawa Alam Gemiser akan berhenti dan membukannya, lalu kedua pengantin beserta keluarga keluar dari Alam Gemiser hingga langsung masuk gedung untuk memulai acara akad nikah.

Untuk para petugas yang ada dibelakang seperti pembawa musik dan para penyanyi pun berjalan mengikuti rombongan awal hingga berhenti dan selesai. Sampai disini semua petugas langsung beristirahat.

Makna Penggunaan Alam Gemiser Warisan Adat Sai Batin

Makna keberadaan alaat ini adalah sebagai bentuk kedudukan dan tanda kebesaran dari seorang Sai Batin yang menunjukkan eksistensi ditengah masyarakat. Selain itu, adanya Alam Gemiser ini sebagai bentuk penghormatan dari masyarakat kepada pimpinannya.

Berdasarkan azas yang tertera dalam Adat Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak yakni adanya istilah "Saibatin Lulus Kawai". Kalimat ini memiliki makna bahwa "Sesuatu yang telah dikenakan orangtuanya akan dikenakan pula oleh orangtuanya.

Maka artianya adalah apa saja yang dikenakan oleh orangtuanya seperti Adok, Kedudukan, Panggilan, Bentuk Bubungan Lamban Kawik Buntokh Alat di Badan,Adat kebiasaan di Lamban, dan Alat di Lapahan. Alat di Lapahan sebagai contohnya yakni Alam Gemiser yang memang sejak zaman nenek moyang hingga diturunkan kegenerasi saat ini. (Sumber foto: @samsu.humas).
Nama

Bisnis,33,Blogging,88,Budaya,32,Inspirasi,36,Wisata,40,
ltr
item
SigerBlogger: Alam Gemiser/Aban Gemiser Benda Warisan Adat Lampung Sai Batin
Alam Gemiser/Aban Gemiser Benda Warisan Adat Lampung Sai Batin
https://2.bp.blogspot.com/-uAjhgaV57Yc/XFbSzQFOR7I/AAAAAAAAAdw/SjCxtnhA6gYFO9EY5h8wGFUvQBGarfW9QCLcBGAs/s400/Screenshot_2019-02-03-17-16-46-956_com.instagram.android.png
https://2.bp.blogspot.com/-uAjhgaV57Yc/XFbSzQFOR7I/AAAAAAAAAdw/SjCxtnhA6gYFO9EY5h8wGFUvQBGarfW9QCLcBGAs/s72-c/Screenshot_2019-02-03-17-16-46-956_com.instagram.android.png
SigerBlogger
http://www.sigerblogger.com/2019/02/alam-gemiseraban-gemiser-benda-warisan.html
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/2019/02/alam-gemiseraban-gemiser-benda-warisan.html
true
6551098131734503047
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat Semua Rekomendasi Kanal ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy