Sosok Isbedy Stiawan ZS, Penyair Lampung Menginspirasi

Sigerblogger.com - Isbedy Stiawan ZS, merupakan seorang Penyair asal Lampung. Sebelum dikenal sebagai Penulis, ia aktif di Sanggar Ragom Budaya yang bermain Teater bersama rekannya yakni Sayiful Irba Tanpaka dan A.M. Zulqornain. Sejak dibangku SMP ia mulai menyentuh di dunia sastra tepat pada tahun 1975.

Menekuni dunia Penyair, nama Isbedy Stiawan ZS terus mengudara dan menjadi salah satu Tokoh Inspirasi masyarakat Lampung. Banyak Pemuda/i yang begitu akrab dan mengenal Isbedy Stiawan ZS. Adapun hasil karya berupa sastra yang sudah banyak dikenal masyarakat seperti Cerpen, Puisi, dan Esai Sastra.

Sejak dibangu STM, Isbedy Stiawan mulai menulis Puisi dan Cerpen. Hasil karyanya tersebut ia bacakan diberbagai kegiatan hingga mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Karya pertamanya yang bertajuk Cerita pendek yang dimuat di Mingguan Swadesi mulai dilirik media. Sejak itulah karyanya berupa Cerpen dan Puisi mengudara dengan cepat hingga tersebar di berbagai Media Lokal maupun Nasional.
Mengenal Tokoh Penyair Lampung Isbedy Stiawan ZS
Pemilik nama lengkap Isbedy Stiawan ZS, yang lahir di Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung, 5 Juni 1958. Adalah salah satu Tokoh Penyair yang begitu populer di Sai Bumi Rua Jurai. Berkat kepiawaiannya dalam membuat karya yang luar biasa membuat dirinya dijuluki sebagai Paus Satra Lampung, oleh H.B Jassin selaku Sastrawan Indonesia. Baca juga: Lena Sopia Profesional MC dan Trainer Public Speaking Asal Lampung

Lahir dan tinggal di Kota Bandar Lampug dengan istrinya yakni Adibah Jalili bersama kelima buah hatinya yakni Mardiyah Novrida, Arza Setiawan, Rio Fauzul, Khairunnisa, dan Abdurrobbi Fadillah. Mereka hidup rukun yang dikenal sebagai keluarga dari Tokoh Penyair kebanggaan Sai Bumi Rua Jurai.

Aktifitas sebagai seorang Penyair, ternyata Isbedi Stiawan ZS juga katif di berbagai Kegiatan. Seperti tergabung dalam Organisasi Dewan Kesenian Lampung (DKL) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lampung. Selaku Penyair yang aktif dan Fenomenal, wajar saja jika karyanya selalu dinantikan oleh masyarakat.

Isbedy Stiawan ZS, juga sering mendapatkan undangan dari berbagai kegiatan Sastra di Tanah Air hingga ke luar negeri, seperti Malaysia dan thailand. Termasuk pada tahun 2005 lalu, Isbedy Setiawan ZS juga mendapatkan undangan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) untuk mengikuti Perhelatan Cakrawala Sastra Indonesia yang berlangsung meriah.

Isbedy Stiawan ZS Tokoh Inspirasi Sastrawan Muda Lampung

Selaku penyair yang sudah lama berkiprah sejak duduk di Bangku SMP, hingga kini namanya memang tak asing ditelinga masyarakat. Termasuk bagi para Penyair muda Lampung yang memposisikan dirinya sebagai Penganyom Sastra khususnya di Lampung. Berkat kehadiran dirinya Isbedy Stiawan dikenal sebagai Tokoh yang memberikan warna dalam pengembangan keberlangsungan Sastra di Lampung.

Sebagai sosok yang dikenal rendah hati, ramah, tekun, dan selalu tanpil percaya diri dengan totalitas saat ia tampil membacakan puisi karyanya, hingga mampu menyentuh hati para pendengar. Artikulasi dan intonasi yang di lantunkan memang membuat penonton terbius dalam setiap syair yang ia bacakan. Isbedy Setiawan salah satu Tokoh Inspirasi yang lahir dari Sai Bumi Rua Jurai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel