Cara Belajar Bahasa Lampung Sehari-hari

Sigerblogger.com - Cara paling mudah dalam memahami bahasa lampung harus memiliki tehknik pembelajaran yang baik. Sebenarnya rahasia paling mudah agar cakap dalam bahasa lampung adalah konsep permulaan belajar diawali dari percakapan dan mengenali kosa katanya.

Belajar Bahasa lampung sehari hari jangan  dianggap sulit. Bagi masyrakat yang hidup di lingkungan kota mungkin bahasa lampung tetap tidak asing lagi ditelinga. Untuk belajar bahasa lampung dapat dipahami melalui 1 dialek dulu agar lebih mudah.

Lampung terdiri dari suku lampung sai batin dan suku pepadun. Keduanya memiliki perbedaan tersendiri baik dari segi bahasa, adat, dan silsilah keturunannya. Kedua suku ini tinggal di provinsi lampung, Baca: Perbedaan Masyarakat Lampung Sai Batin dan Pepadun.


Untuk anda yang ingin mempelajari bahasa lampung sehari hari dengan baik maka diwali dengan konsep latihan berbicara. Berkatalah menggunakan bahasa lampung walaupun kurang tepat dalam menyampaikannya. Selain itu anda juga wajib memahami kosa kata bahasa lampun agat memperbanyak pelafalan saat dijadikan sebuah kalimat. Ini merupakan pondasi utama anda agar lebih mudah dan lancar berbicara dalam bahasa lampung.

Perhatikan cara belajar bahasa lampug sehari hari berikut:

1.Dengarkan rekan-rekan anda yang fasih bahasa lampung saat berbicara. Fokus dengarkan dengan baik.

2. Tanya arti kosa kata yang dianggap sulit dan lafalkan. Tak masalah ikuti kalimat saat mereka berbicara.

3. Selain menghafalkan kosa kata, coba ucapkan dengan penuh percaya diri. Ini bertujuan agar anda lebih mantap dan halus.

4. Coba rangkai kalimat menggunakan bahasa lampung yang anda ketahui saja. Tak masalah jika kurang tepat, sebab anda akan terbiasa dalam menggunakan nantinya.

5. Pelajari kata sambung, berhiting, tutur kata orang lampung saat penyeburan untuk orang-orang.

Contoh Kalimat Bahasa Lampung sehari haru dialek A dan O

Dialek A:
-Api Kabakh, artinya apa kabar,?
-Api Guwai, artinya apa kerjaan, atau sedang apa?

Dialek O:
- Nyow Kabakh, artinya apa kabar?
- Nyow Ghasan, artinya apa kerjaan atau sedang apa?.

Intinya adalah katakan bahasa lampung itu mudah, dan tanamkan kepada diri anda bahwa saya bisa, ucapkan kalimat bahasa lampung dengan jelas agar lebih bagus dan halus. Cara ini akan lebih memudahkan anda saat berkomunikasi langsung.

Jangan sungkan untuk bertanya jika anda lupa, terus ingat dan praktekan dengan orang yang bisa berbahasa lampung. Dengan demikian anda akan lebih cepat lancar. Selain itu, kenali surat lampung (aksara lampung). Balajar menulis aksara secara berangsur-angsur.

Bahasa lampung wajib kita lestarikan dengan cara mempelajarinya. Apalagi kita tinggal di lampung jadi setidaknya dapat dipahami. Bahasa lampung itu unik dan menarik. Sama hal nya dengan bahasa daerah lainnya yang ada diseluruh indonesia.

Mari belajar bahasa lampung bersmaa komunitas siger blogger. Kami memberikan pemahaman seperti sharing dan berdiskusi tentang budaya dan wisata lampung. Sebab, ruh siger blogger memang lahir begitu prihatin dengan budaya yang ada di lampung yang mulai redup.

Semoga dengan hadirnya komunutas siger blogger mampu menginspirasi dan menjadi wadah dalam penyebaran informasi yang positif mengenai budaya dan wisata termasuk mendukung para UMKM yang ada di lampunh. Salam blogger..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel