Makna dan Bagian Rumah Adat Lampung

Sigerblogger.com - Rumah adat lampung dibentuk dengan motif khas lampung yang begitu unik dan menarik. Namun, tak semua mayarakat yang t...

Sigerblogger.com - Rumah adat lampung dibentuk dengan motif khas lampung yang begitu unik dan menarik. Namun, tak semua mayarakat yang tinggal di lampung mengetahui makan dari bagian-bagian yang ada pada rumah adat tersebut. Baca: Perbedaan Masyarakat Lampung Sai Batin dan Pepadun

Setiap sisi dan motif yang ada selalu menunjukkan arti yang begitu komplit. Selain itu, memiliki tujuan yang dapat difungsikan dengan baik. Sesuai pada perlengkapan yang ada di rumah adat lampung. Baca juga: Budiker Seni Budaya Khas Pesisir Barat Lampung

Rumah adat lampung secara umum dikenal dengan sebutan Nuwo Sesat. Namun, untuk sebutan rumah adat didaerah tertentupun juga bebeda penyebutan saja akan tetapi memiliki arti yang sama. Seperti di lampung barat yakni lamban pesagi, jika di pesisir barat disebut "lamban langgakh".

Makna dan Bagian Rumah Adat Lampung Secara Umum

Makna dari Rumah adat lampung yakni Nuwo Sesat merupakan tempat berkumpulnya masyarakat suku lampung dalam bermusyaawarah adat, termasuk tempat berhimpun dalam hal ucapacara adat lainnya.

Rumah adat lampung identik dengan rumah panggung yang tinggi, sebab untuk menghindari binatang buas. Jadi, rumah suku lampung dahulunya memang dihuni dibagian atasnya. Sedangkan dibagian bawah duperuntukkan sebagai tempat barang-barang peralatan dan hasil bumi. Seperi alat tani, beras, kopi, lada, cengkeh dan gabah.

Untuk lebih jelas mengenai bagian-bagian dari rumah adat Lampung beserta fungsinya, mari segera simak penjelasannya berikut ini:

1. Jan Lamban (tangga).
Jan ini merupakan sebuah tangga yang ada di bagian rumah adat Lampung, karena tangga ini tanggal ini bertujuan untuk tempat berjalannya setiap orang yang akan menaiki rumah adat Lampung.

2. Lepau (beranda atas).

merupakan salah satu bagian atas depan setelah menaiki tangga pada rumah adat Lampung. ibarat kata lepau ini ialah beranda rumah di bagian atas. biasanya beranda Ini juga digunakan sebagai tempat penyambutan tamu dan tempat bersantai.

3. Lapang luakh (Ruang tengah).
Merupakan ruangan yang berada di tengah rumah yang terdapat di dalam ruangan. ruangan tengah Ini juga disediakan sebagai tempat tidur santai atau tikar yang dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah.

4. Lapang Lom. (Ruang dialam).
Ruang dalam ini biasanya digunakan bagi ibu-ibu ataupun bagian perempuan untuk bersantai dan menerima tamu. Selain itu ruangan bagian dalam ini dilengkapi dengan kamar sebagai tempat para tamu beristirahat.

5. Dapokh (Dapur).
Di rumah adat Lampung posisi dapur berada di bagian bawah, sebab rumah adat Lampung dikenal dengan istilah rumah panggung sehingga tempat memasak ataupun dapur yakni di bagian bawah. segala pernak-pernik pun dibuat dari kayu sebagai ciri khasnya jadi apabila ingin memasak maka harus turun dari rumah panggung menuju ke bawah.

6. Gakhang (tempat air).
Zaman dahulu masyarakat lampung jarang memiliki sumur. Hanya saja ada beberapa bagian rumah tetangga yang ada, namun dibuat untuk bersamaan. Masyarakat lampung dahulunya memang lebih memnafaatkan air sungai untuk kebutuhan. Sehingga air diambil lalu di tampung di rumah.

Itulah beberapa bagian rumah adat dan maknya yang kami muat berdasarkan pemahaman dari para orang tua melalui cerita santai. Sehingga kami kemas dengan bentuk artiekl dengan tujuan mampu memberikan pemahaman dab berbagi certia mengenai Makna dan bagian dari rumah adat lampung. (Foto: @Oechoax_creative_design).
Nama

Bisnis,33,Blogging,88,Budaya,32,Inspirasi,36,Wisata,40,
ltr
item
SigerBlogger: Makna dan Bagian Rumah Adat Lampung
Makna dan Bagian Rumah Adat Lampung
https://2.bp.blogspot.com/-QLyIdTB6SvA/XDC93Ya3yKI/AAAAAAAAANE/yCd0__tgjMUnzu6pUUJZLcRmGiw__t6xACLcBGAs/s640/Screenshot_20190105-212140%257E2.png
https://2.bp.blogspot.com/-QLyIdTB6SvA/XDC93Ya3yKI/AAAAAAAAANE/yCd0__tgjMUnzu6pUUJZLcRmGiw__t6xACLcBGAs/s72-c/Screenshot_20190105-212140%257E2.png
SigerBlogger
http://www.sigerblogger.com/2019/01/makna-dan-bagian-rumah-adat-lampung.html
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/2019/01/makna-dan-bagian-rumah-adat-lampung.html
true
6551098131734503047
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat Semua Rekomendasi Kanal ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy