Kakiceran Warisan Budaya Tak Benda Di Pugung Pesisir Barat

Sigerblogger.com - Kekiceran merupakan Warisan Budaya Tak Benda yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Tradisi ini memang sangat langka, y...

Sigerblogger.com - Kekiceran merupakan Warisan Budaya Tak Benda yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Tradisi ini memang sangat langka, yang dilakukan selama 1 tahun sekali pula. Bukan hanya itu saja, keunikan dari budaya kekiceran memang memiliki ciri khas tersendiri yakni menampilkan tarian khas daerah Lampung.

Diketahui Para Penari disebut sebagai Anak Tari dan Pemain Musik lainnya disebut Guru Tari. Kekiceran juga merupakan betuk kinerja para Muli Mekhanai di masing-masing Pekon agar mampu memberikan acara yang menghibur dengan memeriahkan acara Idul Fitri.

Kegiatan acara Kekiceran seperti Lomba Tarian Nyambai dan Tari Cipta. kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari, mulai pukul 19:00 Wib sampai dengan selesai. Untuk di kabupaten Pesisir Barat sendiri tradisi Kekiceran dilakukan oleh masyarakat Pugung khususnya di 2 Kecamatan yakni kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara.

Kakiceran Tradisi Perlombaan Seni Tari Di Pesisir Barat

Tradisi ini berupa lomba tari tarian daerah Lampung yang dikemas sangat menarik, untuk peserta mulai dari anak-anak SD hingga SMP dan di dampingi oleh guru tari. Setiap desa di 2 Kecamatan ini akan berkeliling mengisi undangan acara sebagai peserta lomba berdasarkan undangan yang telah diterima oleh pihak karangtaruna.

Tugas Guru Tari akan memantau dan mengendalikan Anak Tari. Saat giliran untuk pentas maka Guru Tari akan di bagi tugas. Ada yang bertugas mempersiapkan peralatan tari saat berlangsung, bertugas sebagai tatarias dan wardrobe, bernyanyi, dan bertugas memainkan alat musik Tabuhan Rebana untuk mengiringi Anak Tari saat pentas di arena.

Setiap malam kekiceran dalam merayakan hari raya Idul Fitri selalu ramai dikunjungi warga. Tak hanya itu saja, ajang kakiceran ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi antar sesama rekan dan para keluarga dari rantauan. Berkumpul disekitaran Arena dan saling bersendagurau.

Sekitar 1 minggu acara Kekiceran ini berlangsung yang bergantian setiap pekon atau desa. Mulai dari malam pertama diadakan acara ini yaitu di Pekon Malaya, Pekon Bambang dan dari Pihak Marga Tampak yang dilakukan dengan sistem Undian Pekon. Jadi, dalam 1 malam ada 3 Pekon/Desa yang menyelenggarakannya.

Tarian Khas Lampung Dalam Tradisi Kekiceran Masyarakat Pugung Pesisir Barat

Acara ini di dilakukan oleh Pemuda/i atau kinerja dari para Muli Mekhanai. Mulai dari Konsep Acara, Pendanaan, dan dilakukan sumbangan dari seluruh masyarakat baik berupa uang dan nasi kotak. Saat semua terkumpul, maka akan di kelola oleh Panitia langsung.

Ajang ini juga dapat dikatakan sebagai Lomba Tari antar kampung. Nantinya yang keluar sebagai juara dengan Kategori masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa tropi bingkisan dan uang tunai tergantung dari Pihak Panitia, termasuk  bisa berupa binatang ternak.

Tradisi Kekiceran memang menampilkan berbagai bentuk gerakan tari. Para peserta lomba tersebut akan dilakukan undian nomor peserta. Untuk aturannya, Bagi Peserta club nya yang mendapakan nilai Genap akan menampilkan Tarian Wajib dan yang mendapatkan nomor Ganjil menampilkan Tarian Cipta.

Untuk itu, jika aturannya 1 kali putaran maka masing-masing menampilkan tarian sesuai dengan nomor dan ketentuan. Namun, jika aturan panitia 2x Putaran Maka setiap kelompok akan menampilkan masing-masing Tarian Adat dan Tarian Cipta.

Untuk tarian yang dilombakan ada 2 Jenis, yaitu:

1. Tarian Wajib yaitu Tari Sambai/Nyambai. Tarian adat lampung yang khas dengan gerakan, dan hanya di iringi oleh ketukan musik rebana saja tanpa lirik lagu.

2. Tarian Cipta yaitu: Tarian yang di iringi iringan musik dan lagu wayak lampung yang berfungsi sebagai memberikan penjelasan dari kisah yang di sampaikan melalui tarian tersebut. Biasanya lagu pengiringnya dipadukan dengan pantun yang bersajak AbAb, AAAA, AABB.

Intulah informasi mengenai Budaya Kekiceran. Budaya ini patut kita lestarikan sebagai warisan budaya tak benda yang sudah lama, sejak nenek moyang yang sudah lalu pun mereka melaksanakan kegiatan ini.

Bahkan lebih mirisnya lagi, karena dulu belum ada jalan raya aspal dan kendaraan seperti ini, maka para peserta anak tari harus berjalan kaki melalui pantai dan menyebrangi sungai muara bersama guru tari dari masing-masing Pekon/Desa.

Semoga dengan adanya masyarakat lampung yang cinta akan adat dan budayanya mampu bersinergi dalam menyebarkan informasi yang positif dalam mengeksplore Budaya Lampung. Sebab, jika tidak kita sendiri yang terus mengenalkan maka siapa lagi,?. Oleh karena itu, mari kita promosikan Budaya dan wisata lampung dengan semangat.
Nama

Bisnis,33,Blogging,88,Budaya,32,Inspirasi,36,Wisata,40,
ltr
item
SigerBlogger: Kakiceran Warisan Budaya Tak Benda Di Pugung Pesisir Barat
Kakiceran Warisan Budaya Tak Benda Di Pugung Pesisir Barat
https://1.bp.blogspot.com/-kB-H3bbA28s/XD9SBXJc3yI/AAAAAAAADtc/cP5QdBwmxIIYQAT4QAKtyB2DfDmWK0OjwCLcBGAs/s320/de2bda4dca995eabe431e29909a03325.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kB-H3bbA28s/XD9SBXJc3yI/AAAAAAAADtc/cP5QdBwmxIIYQAT4QAKtyB2DfDmWK0OjwCLcBGAs/s72-c/de2bda4dca995eabe431e29909a03325.jpg
SigerBlogger
http://www.sigerblogger.com/2019/01/kakiceran-warisan-budaya-tak-benda-di.html
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/
http://www.sigerblogger.com/2019/01/kakiceran-warisan-budaya-tak-benda-di.html
true
6551098131734503047
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat Semua Rekomendasi Kanal ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Tidak ditemukan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy