Kain Celugam/Pudak Palsu Warisan Khas Lampung Barat

Sigerblogger.com - Kain Celugam/Pudak Palsu merupakan warisan leluhur asal Lampung Barat yang memang sudah terkenal di seluruh penjuru tanah air bahkan di dunia. Kain yang memiliki motif yang khas ini cukup menarik perhatian masyarakat baik yang berasal dari luar lampung.

Diketahui sejak zaman kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak dahulu, kain celugam digunakan sebagai tempat duduk atau singasana kerajaan. Tempat duduk yang terdiri dari tumpukan kasur ini dibagian depan yang mengelilingi kasur menggunakan Kain Celugam atau Pudak Palsu.

Meningkatnya eksistensi kain ini dikarenakan dorongan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kepada masyarakat setempat dan digerakannya program sosialisasi dalam mengggali warisan budaya khas Lampung Barat.

Bentuk dukungan yang dilakukan Pemda juga melibatkan para pemuda/i atau Muli Mekhanai dari berbagai kalangan di Lampung Barat hingga kepda para desainer yang terus berusaha dalam mengexsplore Kain Celugam dengan mengkombinasikannya menggunakan kain lainnya.

Hasil pengembangan kain celugam ini seperti kombinasi antara pakaian kemeja jas, dan kaos. Tak hanya itu kain celugam juga sangat menarik untuk perpaduan kain jilbab, kain taplak meja kain sarung dan lainnya.

Bentuk dan Motif Khas Kain Celugam

Salah bentuk yang menjadi kain khas dari Celugam ini terletak pada motif yang ada pada kain dengan bentuk berupa potongan potongan kain bermotif segitiga. Untuk motif warna yang mencirikan kain celugam ini terdiri dari warna merah, ada warna orange, hitam dan juga putih. Semua wanra tersebut akan menyatu hingga terbentuk motif yang unik dan menarik.
Terdapat 5 Motif Kain Celugam Khas Lampung Barat yakni, Puttut Manggus, Apipon, Cumcok, Kekeris dan Lalamban. Untuk pengerjaan dalam pembuatan kelima motif ini juga berbeda-beda. Semua dilakukan berdasarkan konsepnya masing-masing. Baca: 5 Motif Celugam Kain Warisan Khas Lampung Barat

Kain celugam ini memiliki motif dengan warna yang cerah. keunikannya disaat kain celugam dipadukan dengan bahan kain lainya, maka akan menghasilkan warna yang indah. Jika dalam berbentuk baju, maka akan terlihat elegant, mahal dan berkelas.

Tak seperti kain pada umumnya, celugam memang dibuat berupa potongan segitiga saja. Kain ini di tenun dan dirangkai dengan menggunakan alat yang tedapat bahan benang berwarna. Tehknik pembuatannya pun juga tergolong sulit. Apalagi bagi yang tidak biasa menjahit atau menenun. Makanya tak heran, jika kain celugam mampu di bandrol dengan harga yang fantastis.

Adanya kain celugam ini menjadi peluang tersendiri bagi anda untuk berbisnis. Anda bisa saja bekerjasama dengan pengrajin celugam agar mendapatkan harga yang pas. Sehingga anda bisa berbisnis demgan membuat inovasi produk yang terbuat dari bahan kombinasi dari kain celugan yang tentu akan banyak diminati masyarakat.

Kain khas Lampung Barat yang sudah begitu mengudara hampir sama dengan kepopuleran kain Tapis. Di Lampung sendiri selain Tapis dan Celugam juga terdapat kain Sulam Usus yang cukup Populer dan memang salah satu bahan pembuatan dalam pakaian khas masyarakat Lampung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel