Inspirasi Meri Herlina Mahasiswi UNNES "Bangga Memakai Tapis"

Sigerblogger.com - Meri Herlina Mahasiswi pasca sarjana jurusan Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Semarang, yang berasal dari Bengkunat, Pesisir Barat Lampung ternyata memiliki cerita yang begitu membanggakan terkait kain Tapis Lampung yang ia pakai bersama rekan-rekannya.

Berbagai cerita bersama komunitas sigerblogger.com beliau menceritakan pengalamannya penuh inspirasi yang membanggakan. Berawal dari rasa bangganya menjadi orang Lampung dengan budaya warisan nenek moyang yang patut dilestarikan.

Lampung memang memiliki budaya yang unik dan juga menarik. Selaku pemuda-pemudi lampung sudah sepatutnya berusaha dengan penuh cita terhadap Sai Bumi Rua Jurai. Berikut berbagi cerita meri herlina bersama komunitas sigerblogger.com.
Cerita Pengalaman Meri Herlina Terkait Kebaggaanya Dengan Tapis Lampung 

"Bangga Memakai Tapis"

Cerita ini saya buat berawal dari pengalaman pribadi saya yang bertujuan untuk berbagi kepada teman-teman yang membaca cerita saya ini. Berawal dari rasa bangga saya menjadi orang Lampung sebagai tanah kelahiran saya, khususnya saya lahir di Kabupaten Pesisir Barat dan sekaligus bangga terhadap budaya Lampung salah satunya saya bangga terhadap Kain Tapis. Kain tapis itu kebanggan orang Lampung karena itu ciri khas orang Lampung.

Saya semakin percaya diri ketika kain Tapis Khas Lampung digunakan oleh keluarga besar saya yang baru yaitu S2 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang, kami adalah keluarga besar yang bisa dikatakan keluarga yang harmonis karena kami menerima perbedaan masing-masing.

Terutama perbedaan saya yang berasal dari pulau Sumatera yang pasti beda dengan teman saya yang memang asli orang jawa dan perbedaan yang paling mencolok adalah gaya bicara yang memiliki intonasi suara yang keras dan lebih suka ceplas ceplos dan jujur apaadanya. Tapi meskipun seperti itu hatinya jangan ditanya, ya pastinya baik dong..heee
Saya tidak menyebut mereka sebagai teman tapi keluarga, karena mereka orang-orang yang sangat baik, selain teman satu kelas yang baik, saya juga punya dosen-dosen yang luar biasa baiknya dan saya ucapkan banyak terimakasih khususnya kepada ibu kami yaitu Dr. Erni Suharini, M.Si dan Dr. Eva Banowati, M.Si. saya menyebutnya ibu karena mereka memperlakukan kami sebagai anak bukan sebagai mahasiswa.

Rasa bangga saya semakin bertambah ketika mereka menerima budaya saya yaitu menggunakan kain tapis yang langsung saya beli di Kota Bandar Lampung, kain tapis itu digunakan sebagai baju angkatan yang artinya semua punya baju tapis Lampung.

Tidak sampai disitu saja, ketika kami akan mengadakan KKL ke Malaysia, kami pun mengusulkan agar dosen pendamping kami bu Erni dan bu Eva menggunakan baju dengan motif yang sama yaitu Tapis Lampung.
Kebanggan saya semakin bertambah lagi ketika Kain Tapis yang sudah dibeli dibagi dan digunakan oleh sembilan dosen perempuan yang ada di Prodi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang. Saya sebagai orang Lampung sangat bangga karena respon mereka terhadap Kain Tapis sangat bagus.

Berlanjut ke acara KKL Malaysia, sebelum berangkat KKL kami saling menanyakan pakaian yang akan dgunakan ketika KKL nantinya, saya tanpa mengusulkan dan tanpa meminta, salah satu teman saya mengusulkan baju tapis di bawa karena akan digunakan ketika kunjungan ke UPSI (Universitas Pendidikan Sultan Idris), secara tidak langsung hal ini membuat saya merasa bersyukur ada di sekitar mereka yang sangat mengapresiasi budaya saya.

Baju Tapispun kami gunakan, karena katanya biar kompak gitu, heee, dan di hari itu saya melihat kedua dosen saya, bu Erni dan bu Eva menggunakan baju dengan motif Tapis Lampung. Saya melihat begitu baiknya keluargaku yang baru di Kota Semarang yang sangat menghargai budaya orang lain, kebanggan saya terhadap Kain Tapis saya abadikan lewat foto-foto bersama kami.

Sebelumnya saya tidak pernah berfikir bahwa budaya saya akan diterima dengan luar biasa di kota orang dan ditambah lagi sampai ke Malaysia. (Meri Herlina, S.pd).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel