Gua Matu Wisata Religi Penuh Misteri Di Pesisir Barat

Sigerblogger.com - Gua Matu merupakan salah satu wisata religi andalan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Jika sebelumnya cukup populer wisata religi di makam Syekh aminullah dan juga makam Gajah Mada, ternyata masih ada Gua Matu yang tengah trending dan membuat wisata di luar yang begitu penasaran.

Gua Matu sebutan dalam Bahasa Lampung yang digunakan masyarakat. Dimana Gua artinya Goa, dan Matu artinya nama daerah Goa tersebut. Sejak dahulu Gua ini memang luput dari pemberitaan. Namun, sejak terbentuknya Kabupaten Pesisir Barat maka Pemerintah Daerah tersebut mulai berusaha mengexsplore di berbagai daerah wisata yang ada di Pesisir Barat.

Munculnya Wisata Religi Gua Matu ini cukup membuat para wisatawan kagum, hal ini pun mendapatkan respon positif bagi masyarakat. saat ini sudah dikembangkan akses jalan, mulai dari pembangunan gerbang utama yang sudah rampung, hingga perjalanan menuju Gua Matu.

Alamat dan Rute Perjalanana Menuju Wisata Religi Gua Matu

Gua Matu berlamat di Jalan Lintas Barat, tepat di pinggir jalan yang tak jauh dari Kota Krui. Jika ditempuh dari Kota Krui, maka hanya memakan waktu kurang lebih 50 menit saja.
Untuk rute perjalanan dari Kota Bandar Lampung menuju Gua matu hanya menempuh sekitar 8 jam melalui jalur darat. Anda tinggal mengikuti jalan ke arah Kabupaten Pesawaran, melewati Pringsewu, Tanggamus, hingga ke Kabupaten Pesisir Barat.

Berbeda hal nya jika anda melalui jalur udara, terbang dari Bandara International Raden Intamen Lampung menuju Bandara Taufiq Kiemas, Krui Pesisir Barat hanya sekitar 45 menit, Anda langsung tiba di Kota Krui.

Setelah di Krui tinggal mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua ke arah Pugung. Tak lama anda akan melihat di sebelah kiri jalan setelah tanjakan yang terdapat Gerbang Selamat Datang Di Wisata Religi Goa Matu. Gerbang berdiri kokoh yang dibangun oleh Pemrintah Kabupaten Pesisir Barat ini sebagai tanda titik sampai para wisatawan.

Anda tinggal berajalan kaki, menelusuri jalan. Saat ini pemerintah juga telah berusaha mengembangkan Wisata Religu Gua Matu ini seperi Akses Jalan tetap dari Gerbang Utama hingga sampai ke Bibir Gua. Tak hanya itu saja, saat ini telah tersedia spot selfie yang keren dan sangat menggiurkan.
Penghuni Misteri Gua Matu Yang Di Percaya Masyarakat Pesisir Barat

Gua Matu memang memiliki keindahan panorama yang begitu memukau. Walaupun demikian, Gua Matu ternyata menyimpan kisah misteri yang hingga kini dipercaya oleh mayarakat setempat. Konon Gua Matu sebagai tempat persembunyian Jin Matu yang bersarang di Gua dan sekitarnya.

Menurut cerita rakyat masyarakat krui, bahwa terdapat kehidupan jin sebagai penghuni Gua Matu. Mereka hidup di alam Ghaib yang hampir sama dengan kegiatan manusia. Walaupun banyak versi berdasarkan cerita turun temurun, tak salahnya kita jadikan sebagai nilai jual dalam keunikan wisata religi yang patut kita banggakan.

Adanya cerita misteri yang terdapat di Gua Matu menjadikan wisatawan semakin penasarab untuk berkunjung. Jika dahulu Gua Matu memang terkenal angker dan manakutkan, hingha saat ini memamg harus ada adab sebagai cara untuk memasuki Gua Matu sebagai bentuk tatacara dalam menghormati para penghuninya.

Bagi anda yang ingin berwisata religi ke Gua Matu ini, hendakanya bersama dengan juru kunci atau mayarakat sekitar yang memang paham betul dengan kondisi dan keadaanya. Ini bertujuan guna meluruskan niat baik anda dalam berwisata religi secara tenang, aman, dan damai guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Berwisata Ke Gua Matu di Pesisir Barat

Nah, untuk memberikan kenyamanan bagi anda dan rekan-rekan saat berwisata ke Gua Matu, sebaiknya persiapkan hal-hal yang penting. Berikut Tips wisata ke Gua Matu Pesisir Barat:

1. Pastikan kendaraan anda aman. Jangan lupa bawak surat-surat kendaraan lengkap.

2. Bawak obatan sepeti vitamin dan sanblok lainnya.

3. Bawak salin, karena Pesisir Barat terkenal dengan wisata baharinyabsiapa tau anda nyemplung berenag.

4. Bawak juru kunci, setidaknya masyarakat krui yang paham akan kondisi tempat.

5. Bawak kamera anda dan powerbank. Guna mengabadikan moment anda tersebut.

Nah, itulah informasi mengenai Wisata Religi Gua Matu di Krui, Peisisir Barat. Pastikan pelengkapan anda dan pahami rute perjalanan. Jika anda menginap maka perkirakan saja perlengkapan salinan tabg tepat. Jangan lupa udate foto moment anda melalui sosila media anda. Ini bertujuan agar Wisata Gua Matu semakin Populer. (Foto: @romansya46 @akunrino @elya4972)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel