Nyikut Tradisi Tahunan Menangkap Ikan Di Lampung

Sigerblogger.com - Tradisi tahunan yang dilakukan masyarkat lampung pepadun seperti di lampung utara sudah menajadi kebiasaan. Kegiatan ini merupakan sebuah budaya yang dilakukan setiap tahun. Proses Nyikut ini dilakukan warga untuk menangkap ikan yang muncul 1 tahun sekali.

Untuk peralatan yang digunakan ialah disebut Linggian. Masyarakat di kabupaten lampung utara terkhusus yang tinggal dipantai menjadikan kegiatan sebagai berkah dari Allah swt sebagai waktunya musim ikan tiba. Ikan yang ditangkap juga tak seprti ikan biasa. Sebab munculnya ikan ini memang sangat lama.

Budaya Nyikut Di Mayarakat Lampung Timur

Alat Linggian dipadukan dengan peralatan berupa Raket yang diletakkan diatas gubuk menggunakan alat Linggian tersebut. Uniknya proses menagkap ikan semacam ini hanya dilakukan setahun sekali saja. Jika dilihat memang sangat unik sekali.
Jika acara musim Nyikut ini tiba pasti akan disambut gembira oleh warga. Sebab, apabila tradisi ini muncul pada waktunya merupakan berkah tersendiri. Ini dikarenakan akan membatu perekonomian warga dengan menghasilkan pendapatan yang cukup melimpah.

Melimpahnya hasil tangkapan ikan dari tradisi nyikut ini sangat banyak. Bagi warga yang sudah mendapatkan hasil ikan akan langsung dijual disekitaran jalan. Warga pun berbondong-bondg memburu ikan ini, selain harganya relatif murah kondisi ikannya pun begitu segar.

Nah, bagaimana sahabat siger blogger penasarkan bagaimana proses penangkapan ikan melaui sistem Nyikut ini?, Untuk lebih jelas tak salahnya anda berkunjung pada musim Nyikut ini di daerah lampung utara. Baca juga: Budaya Ngedekor Muli Mekhanai Lampung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel