Apakah Membuat Blog Itu Harus Bayar?


Sigerblogger.com - Bagi bloger pemula pasti muncul pertanyaan,”Apakah saya harus membuat blog berbayar?” Nah, sebetulnya berbayar atau tidak itu kembali pada diri Anda sendiri. Apakah tujuan Anda mmebuat blog.

Sebenarnya membuat blog tidak semua bebayar artinya ketersedia blog gratis dapat anda lakukan dengan santai. Membuat blog gratis sangat tepat bagi anda pemula apalagai baru merintis, itu tidak masalah. Walaupun anda tak berniat untuk memakai sistem berbayar.

Dulu kebanyakan orang membuat blog itu menggunakan platform gratis, seperti Multiply, Wordpress, atau Blogspot. Membuat domain sendiri adalah ranah orang-orang canggih.

Namun sekarang siapa saja bisa membuat blog dengan domain sendiri. (Baca: Keuntungan Blog Berbayar Secara Fakta)

Jadi, hal pertama yang harus dipahami apa tujuan Anda membuat blog. Jika tujuan Anda hanya untuk menyalurkan hobi, bisa memilih blog dengan platform gratis alias tidak berbayar.

Sementara itu, jika Anda memang ingin serius, misal ingin me-monetize blog Anda bisa memilih blog berbayar karena lebih profesional.
Bisa jadi Anda bisa berlatih konsisten menulis di blog gratis.

Jika telah mendapatkan feelnya, Anda bisa menggunakan platform berbayar dan memindahkan tulisan lama di blog sebelumnya. Jika menggunakan blog berbayar, Anda juga akan lebih bertanggungjawab mengisi kontennya karena sudah mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.

Semakin blog diupdate secara rutin akan semakin mempermudah laman Anda ramah mesin pencarian.
Namun jika ingin berlatih konsisten dan belum ada budget khusus untuk blog berbayar disarankan menggunanak blog gratisan terlebih dahulu.

Kesimpulannya adalah Membuat blog tidak harus berbayar, tergantung dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Blog berbayar dan gratisan sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Intinya anda harus memahami betul pengaruh dari memakai dua konsep blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel