6 Langkah Utama Membuat Blog Bagi Pemula

Sigerblogger.com - Langkah paling mudah untuk membuat blog bagi anda pemula sebenarnya tak terlalu menyulitkan. Banyak orang memandang membuat blog itu sangat susah. Padahal statement semacam itu sangat kurang tepat.

Siger blogger akan membahas info untuk anda mengenai hal itu, agar bisa dengan mudah dan cepat memiliki sebuah akun blog bahkan lebih dari satu blog dengan cara yang sama. Kira-kira apasaja langkahnya?, Mari kita simak.

6 Langkah Utama Membuat Blog Bagi Pemula

Sebagian orang ingin memiliki blog sebagai tempat untuk media tulis menulis. Sebagian juga beranggapa memiliki blog dengan serius untuk mendapatkan penghasilan. Walaupun dunia blog kurang banyak penggunanya dibanding sosial media.

Namun, bagi seseorang yang paham tentang manfaat blog yang dapat mengahsilkan uang ratusan bahkan jutaan rupiah. Fungsi blog sangat banyak dan beragam tinggal tujuan kuta ngeblog untuk apa dan sanggupkah melewati prosesnya?,.

Jika anda ingin membuat blog baik itu untuk keperluan bisnis maupun sekedar hobi, maka ada 6 langkah utama membuat blog yang harus Anda pahami.

Berikut 6 langkah utama membuat blog yang harus dilakukan yaitu:
1. Tentukan topik atau tema blog yang akan Anda buat. Hal ini bertujuan untuk membidik pasar yang ditargetkan seperti Anda ingin membuat blog untuk bisnis pakaian remaja, pilih topik yang berkaitan dengan hal tersebut. misalnya tema vintage, keceriaan, fashion, dan sebagainya. Ini juga akan menentukan alamat domain blog Anda.

2. Tentukan platform yang akan dipilih. Setelah Anda menentukan topiknya, hal selanjutnya adalah menentukan platform apa yang akan Anda gunakan. Untuk saat ini banyak sekali platform yang bisa dipilih, dua diantaranya adalah blogspot dan wordpress.

Dalam hal ini para blogger lebih banyak memilih wordpress dibanding dengan blogspot. Platform ini ada yang gratis ada yaga yang berbayar. Untuk pemula sebaiknya gunakan dulu platform gratisan, seperti blogspot.com atau wordpress.com.

3. Setelah Anda menentukan platform, selanjutnya adalah mencari informasi tentang platform tersebut kemudian mempelajari dasar-dasarnya.

4. Selanjutnya, tentukan penyedia layanan hosting serta domain. Anda bisa memilih hosting internasional seperti Hostgator atau hosting lokal seperti Niagahoster (domain gratis). Jika diibaratkan, hosting ini semacam harddisk pada komputer tempat menyimpan berbagai file Anda.

5. Tentukan nama domain Anda. Usahakan beri nama domain sesuai dengan konsep blog, mudah diingat, dan unik. Sebaiknya hindari nama yang hampir miripdengan web yang sudah populer.

6. Lakukan instalasi blog self-hosted dengan menggunakan platform yang sudah diipilih, misalnya wordpress. Setelah instalasi selesai, Anda bisa menggunakan blog tersebut. Cobalah posting sesuatu.

Nah, itulah langkah utama membuat blog. Untuk membuat blog sendiri sebenarnya sangat mudah, yang sulit adalah membuat blog yang dibuat menjadi sukses dan menghasilkan penghasilan yang berlipat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel