Mia Selvina Perempuan Inspirasi Lampung dengan Segudang Prestasi

Sigerblogger - Berbicara tentang perempuan cerdas lain yang menginspirasi, Lampung tentu tidak lepas dari sosok Mia Selvina. Perempuan asal Bandarlampung ini juga menyimpan deretan prestasi membanggakan. Ramah dan selalu rendah hati, itulah yang tercermin dari kepribadian dirinya.

Pemilik nama lengkap Mia Selvina, yang akrab dipanggil Mia merupakan sarjana lulusan Akuntansi Universitas Lampung dan Magister Ilmu Akuntansi Universitas Indonesia. Mengulik perjalanan yang sangat menginspirasi dari Mia Selvina untuk pemuda-pemudi Lampung
khsususnya memang patut di apresiasi.

Mia Selvina juga tercatat sebagai wakil   Indonesia dalam kegiatan Indonesia Malaysia Youth Exchange Program tahun 2014 lalu. Sebuah prorgram yang dinaungi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang sangat bergengsi.
Perempuan yang aktif diberbagai organisasi kepemudaan ini juga tercatat sebagai sekertaris Mata Garuda Lampung periode 2017-2019, dan menjabat sebagai ketua pada periode 2019- 2021.

Memiliki sifat yang baik, dan ramah menjadikan dirinya selalu disenangi oleh rekan-rekannya. Perempuan asal Lampung ini sungguh luar biasa dan sangat menginspirasi pemuda-pemudi Lampung lewat pengalaman dan prestasi yang pernah ia torehkan. Baca juga: Ponita Dewi Pembawa Acara Handal dengan Sosok Tangguh dan Cerdas

Selain bekerja sebagai Dosen Perguruan Tinggi di Lampung, ia pun aktif dibidang sosial. Tak heran jika dirinya sering  didaulat menjadi moderator dan pembicara profesional pada kegiatan pemerintahan, swasta, kegiatan kepemudaan dan berbagai komunitas pemuda yang ada di Lampung.

Profil Lengkap Mia Selvina Perempuan Inspirasi Lampung

Untuk mengenal sosok Mia Selvina, berikut profil singkatnya:
  • Nama lengkap: Mia Selvina
  • Asal: Bandarlampung
  • Pendidikan  : S1 Akuntansi Universitas Lampung dan S2 Ilmu Akuntansi Universitas Indonesia
  • Moto hidup: Semakin banyak saya bertemu orang, semakin banyak saya belajar
  • Hobi: Jalan-jalan menikmati indahnya alam 
  • Kesibukan: Dosen FEBI UIN RIL, (Mengurus organisasi sebagai) Ketua Mata Garuda Lampung.
Prestasi
  • Juara 1 Speech Competition SEC GC 2009
  • Juara 2 Lomba Pembaca Berita Tegar Tv 2009
  • Juara 2 Duta Bahasa Provinsi Lampung 2009
  • Finalis Economics Best Student Award BEM FEB Unila 2009 / 2010
  • Juara 1 Lomba News Caster Communication Expo 2010
  • Finalis Muli Mekhanai Kota Bandar Lampung 2010
  • Wisudawan Terbaik ke 2 Program Diploma 3 Tingkat Universitas pada periode wisuda September 2010 Universitas Lampung
  • Juara 1 Presenter Hunt Radar Tv 2011
  • Delegasi Lampung untuk program Indonesia Malaysia Youth Exchange Program 2014
  • Koordinator Awardee LPDP UI 2015
  • The 2nd Best Paper dalam Seminar Nasional Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2015
  • Presenter of Shanghai International Conference on Business, Economics, Social Science and Humanities 2016
  • Ketua Divisi Perwakilan Daerah dan Awardee Mata Garuda – LPDP RI 2016 – 2018
  • Sekretaris Mata Garuda Lampung 2017 – 2019
  • Ketua Mata Garuda Lampung 2019 – 2021.
Tulus, ikhlas, dan saling berbagi adalah salah satu modal dalam meraih keberhasilan. Itulah yang terlihat dari sosok Mia Selvina. Ia menekankan bahwa niat ketulusan dan keihlasan tak perlu dijadikan sebuah pencitraan yang tidak penting. Cukup hanya diri kita saja yang mengetahui tapi benar-benar dilakukan dengan kinerja yang nyata.
Selain hobi jalan-jalan ternyata ia juga menyukai sebuah perlombaan. Baginya
Perlombaan adalah salah satu cara dalam mengukur kemampuan diri dalam persaingan yang dapat menambah pengalaman hidup. Untuk menjadi pemenang memang harus memiliki usaha dan kerja keras yang mumpuni seperti yang pernah ia lakukan dalam meraih juara.

Untuk memenangkan berbagai perlombaan bagi Mia Selvina, memang harus tekun berlatih, belajar dengan konsisten, penuh semangat dan selalu berdoa serta minta dukungan orang tua. Selain itu selipkan niat baik yang diucapkan dalam hati dari setiap lomba yang kita ikuti. Baca juga: Talitha Sebrina Amaralda, Cantik dan Menginspirasi

Sebagai contohnya, Jika menang lomba Mawapres, misalnya sekian persen hadiahnya di sumbangankan ke panti jompo. Begitu juga, Jika saya terpilih mewakili Lampung untuk program IMYEP saya akan bersedia mengisi seminar / sharing session untuk menyemangati adik-adik di Provinsi Lampung tanpa dibayar.

Selain deretan prestasi diatas, Mia Selvina juga pernah mengalami kegagalan saat mengikuti perlombaan, namun ia memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya. Seperti yang pernah dialaminya saat gagal dalam Lomba speech (pidato bahasa Inggris) yang gagal 2x, Lomba news casting (pembawa berita bahasa Inggris) pernah gagal 1x, Gagal karena grogi parah dan persiapan kurang matang. Dimana saat itu dirinya baru perdana terjun di dunia kompetisi bahasa Inggris sehingga belum ia ketahui medan tempurnya.

Langkah dalam mengatasi, Mia Selvina melakukan evaluasi dari berbagai pengalaman kegagalannya. Mulai dari mengamati kualitas peserta yang menang, mengamati poin penting untuk menjadi pemenang dan konsisten latihan untuk menghadapi kompetisi selanjutnya.

Kegagalan lain yang pernah ia rasakan adalah tahun 2012, saat dirinya mengikuti seleksi dalam Duta Pemuda untuk mewakili Lampung pada program Indonesia Malaysia Youth Exchange Program dan hanya menjadi delegasi cadangan. Jika delegasi utama tidak jadi berangkat karena suatu hal barulah dirinya sebagai pengganti.

Pada tahun tersebut, memang tidak ia persiapkan secara menyeluruh, hanya saja berfokus untuk menambah wawasan pengetahuan tentang provinsi Lampung saja. Walaupun gagal ia terus berusaha dan belajar supaya mampu meraih di periode selanjutnya. Itu pun terbukti pada tahun 2014, Mia Selvina berhasil menjadi delegasi utama yang mewakili provinsi Lampung untuk program tersebut.

Perjuangan Mia Selvina untuk menjadi yang terbaik disetiap perlombaan yang pernah diikuti patut di acungi jempol. Ia pun berpesan kepada generasi muda bahwa: "Pengalaman adalah guru yang baik maka belajarlah dari pengalaman".

Mumpung masih muda, perbanyak pengalaman, bukan hanya pengalaman belajar di kelas saja tetapi pengalaman di luar kelas pun harus di kejar. Seperti : mengikuti organisasi, mengikuti kompetisi, mencoba memulai bisnis, travelling, ikut internship lainnya yang dapat menjadi sarana belajar bagi anak muda. Pengalaman ini akan mengasah softskill dan kepribadian untuk menjadi sosok pemuda yang lebih baik dan berwawasan.

Sebagai wanita inspirasi yang sangat mencintai kearifan lokal Lampung, ia pun memiliki cara tersendiri dalam mengenalkan Lampung tercinta. Jika dirinya setiap kali berkunjung dan menenui temannya yang tinggal di luar Lampung, ia selalu membawa makanan khas daerah Lampung termasuk membawa brosur Pariwisata Lampung.

Baginya cara ini sangat efektif untuk menceritakan keindahan Provinsi Lampung. Sambil bersantai riya, Mia Selvina dengan bangga mengatakan bahwa dirnya berasal dari Provinsi Lampung.  Ia menceritakan keunggulan Tanah Sai Bumi Rua Juarai, sehingga rekan-rekannya memiliki pandangan baru tentang Lampung yang bukan identik dengan Begal, namun Lampung itu keren !.

Setiap perjalanannya, tak lupa Mia Selvina pun selalu mengunggah potret daerah wisata melalui akun instagram pribadinya. Apalagi baru-baru ini mendapatkan project di Kabupaten Way Kanan. Dimana ia menceritakan sedikit tentang keindahan alam dan keunikan yang ditemui di sana.

Mia Selvina pun memiliki harapan besar terhadap pemuda-pemudi Lampung kedepan. Harapanya akan banyak generasi muda Lampung yang cerdas tapi tetap rendah hati, dan selalu berkontribusi untuk memberikan banyak manfaat terhadap orang-orang di sekitarnya. Sehingga hidup ini akan terasa sangat indah, bermakna, dan generasi Lampung semakin peka dalam kemajuan. (Foto: @miaselvina)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel